Komando Daerah Militer (Kodam) VI terus mematangkan persiapan menjelang apel perdana Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 79 di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN)  yang dilaksanakan 17 Agustus mendatang.

"Kami terus mengejar beragam kesiapan selaku komando utama kewilayahan yang mencakup wilayah Ibu Kota Nusantara dengan menyiapkan personel guna mendukung terselenggaranya kegiatan kenegaraan tersebut," kata Kepala Penerangan Kodam VI/Mulawarman Kolonel Kav Kristiyanto, di Balikpapan, Rabu (24/4).

Kristiyanto mengemukakan, Pangdam VI/Mulawarman selaku Dansatgaspamwil di bawah kendali Pangkogabwilhan II selaku Pangkogasgabpad akan melaksanakan pengamanan Very-Very Important Person (VVIP) oleh pasukan dari satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman,

"Tentunya juga didukung oleh anggota Polda Kaltim, Kesbangpol, Satpol PP dan BNPT pada pelaksanaan nantinya," katanya.

Kristiyanto mengungkapkan, Kodam VI/Mulawarman juga tidak menutup kemungkinan akan berkolaborasi dengan personel dari Kodam-Kodam lain untuk melaksanakan pengamanan VVIP nantinya.

Dia menuturkan bahwa Kasdam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana ditunjuk selaku koordinator pelaksanaan upacara juga sedang koordinasi dengan Mabes TNI dan satuan jajaran TNI di wilayah Kodam VI/Mulawarman guna melakukan persiapan.

"Persiapan yang dimaksud itu seperti Pasukan Protokol (Pasprot), pelatihan Tim Paskibraka dan pengukuhannya, serta kegiatan Apel Kehormatan Renungan Suci (AKRS)," paparnya.

Kemudian kirab bendera pusaka dan teks proklamasi ke IKN, pasukan konvoi, upacara penganugerahan gelar tanda kehormatan, detik-detik pengibaran dan penurunan sang merah putih, tembakan kehormatan (Bakhor) dan disposisi, serta komposisi personel dan materiil yang terlibat pada upacara HUT RI Ke-79 di IKN.

Kristiyanto menambahkan, TNI Angkatan Darat (AD) pada (18/4) telah melaksanakan seleksi di markas besar TNI AD dan yang lulus seleksi akan melaksanakan seleksi lagi pada tanggal 22 - 26 April untuk tingkat pusat,

"Nantinya yang lolos  seleksi ditunjuk sebagai komandan upacara, komandan kompi Paskibraka  dan Master of Ceremony (MC), yang akan diumumkan pada tanggal 30 April 2024," jelasnya.

Selain itu, juga terdapat kegiatan pengawalan munisi hampa 105 mm yang akan digunakan untuk kegiatan tembakan kehormatan saat pelaksanaan detik-detik proklamasi dari Pelabuhan Tanjung Priuk menuju Pelabuhan Semayang.

"Pada tanggal 22-31 Juli akan dilaksanakan latihan Paskibraka yang berada di Kota  Cibubur dan akan memulai latihan di Ibu Kota Negara Nusantara pada tanggal 10 hingga 16 Agustus 2024," ucapnya.

Sementara di Mabes TNI, saat ini Staf Operasi terus melaksanakan rapat-rapat koordinasi dengan satuan jajaran TNI.

"Hal ini terkait rencana pergeseran pasukan peserta upacara dan alutsista dari Jakarta menuju IKN," ujar Kristiyanto.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024