Berdasarkan pantauan dari petugas pengamanan Operasi Ketupat Mahakam 2024 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, di semua kecamatan, salah satunya Kecamatan Sepaku, kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), dalam suasana kondusif.

"Situasi tetap lancar dan kondusif ini berdasarkan pantauan petugas dalam satu shift mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 20.00 Wita," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU Muhammad Sukadi Kuncoro di Penajam, Selasa.

Untuk cuaca di kawasan IKN maupun di Kecamatan Sepaku pun relatif mendukung, yakni sepanjang hari ini dengan cuaca cerah dan cerah berawan, kemudian arus lalu lintas lancar, dan tidak ada insiden.

Begitu pula untuk kecamatan lain di Kabupaten PPU pun terpantau lancar dan kondusif, di Kecamatan Penajam misalnya, tepatnya di Pos Terpadu Pelabuhan Feri, aktivitas penyeberangan dari pukul 08.00 hingga 20.00 Wita, berjalan normal.

Baca juga: Kepala OIKN lepas takbir keliling Idul Fitri di Desa Karang Jinawi

Aktivitas bongkar muat kendaraan di Pelabuhan Feri terpantau normal dan berjalan lancar, aktivitas masyarakat yang menyeberang di Pelabuhan Klotok dan Pelabuhan Speed Boat arah Balikpapan - Penajam ataupun sebaliknya pun terpantau normal hingga malam ini.

"Untuk giat di Pos Terpadu Feri hari ini berupa pergantian shift pagi dan shift malam, pemantauan situasi arus mudik di tiga pelabuhan, mengimbau seluruh pengendara mematuhi tata tertib lalu lintas, dan selalu berhati-hati di jalan," katanya.

Ia mengatakan, pada Selasa (9/4) ini juga ada kunjungan Kapolres PPU beserta jajaran ke posko terpadu, sekaligus pemberian parsel lebaran kepada personil jaga pos, pemeriksaan kesehatan personil jaga pos oleh tim Dokkes Polres PPU.

"Untuk personel di posko terpadu berasal dari berbagai elemen, antara lain Polres PPU, Kodim 0913/PPU, BPBD PPU, Kompi C Petung, Polisi Militer, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Sentra Komunikasi (Senkom), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Pramuka," kata Kuncoro.

Baca juga: OIKN rancang Nusantara Ekspo enam bulan di hutan IKN

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024