Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengeratkan kebersamaan dengan tokoh adat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) guna membangun Kota Nusantara, ibu kota negara masa depan Indonesia, melalui kegiatan buka puasa bersama pada Ramadhan 1445 Hijriah.
 
"Kami ajak tokoh adat Kaltim untuk eratkan kebersamaan untuk membangun Kota Nusantara," kata Direktur Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif OIKN Muhsin Palinrungi di Penajam, Jumat.
 
Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah yang dapat meningkatkan persaudaraan, kebersamaan, dan keakraban, lanjut dia, OIKN mengadakan buka puasa bersama tokoh adat Kaltim memperkuat jalinan kedekatan.
 
Nilai budaya nasional adalah ruh dari pembangunan Kota Nusantara, jelas dia lagi, sehingga harus tetap terjaga dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
 
Silaturahmi juga sebagai upaya OIKN untuk menyatukan persepsi, jika pembangunan Kota Nusantara untuk memajukan dan mensejahterakan bangsa Indonesia karena bakal terjadi pemerataan pembangunan.
 
"Ada kesamaan persepsi membangun Kota Nusantara dengan nilai kebudayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.
 
Kegiatan silaturahmi yang dibalut dengan buka puasa bersama menjadi salah satu upaya OIKN menjalin kebersamaan dan komunikasi agar pembangunan Kota Nusantara berjalan tanpa kendala.
 
"Nilai budaya tetap terjaga dan sebagai ruh pembangunan Kota Nusantara," ucapnya.
 
Kegiatan buka puasa bersama Ramadhan 1445 Hijriah, kata dia pula, diharapkan seluruh tokoh adat Kaltim dan Indonesia bersatu padu dalam kebersamaan untuk kemajuan Indonesia dengan keberadaan Kota Nusantara.
 
Buka puasa bersama itu, menurut dia, merupakan gagasan Kedeputian Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Direktorat Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif OIKN.
 
"Buka puasa bersama merupakan awal dari silaturahmi guna memperkuat kedekatan dan kebersamaan dengan tokoh adat dalam pembangunan dan perkembangan Kota Nusantara," demikian Muhsin Palinrungi.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024