Kepolisian Resort Kota (Polresta) Balikpapan menyiapkan sebanyak 16 posko menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dalam sandi operasi Ketupat Mahakam 2024.
 
"16 pos itu tersendiri dari 13 Posko Pengamanan (Pos PAM) dan 3 Posko Terpadu," sebut Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Anton Firmanto sesuai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Command Center Polresta setempat, Kamis (28/3).
 
Anton menjelaskan, untuk Pos PAM di sebar di titik rawan kemacetan serta obyek wisata, seperti di pusat perbelanjaan yaitu di sekitaran Balikpapan Super Block (BSB), lampu merah Plaza Balikpapan, Lapangan Merdeka pantai Segara Sari Manggar, dan lain sebagainya.
 
"Untuk posko terpadu, ada di Pelabuhan Semayang, Bandara SAMS Sepinggan, dan Pelabuhan Ferry Kariangau," tuturnya.
 
Selama operasi tersebut, Polresta Balikpapan juga menyiapkan lebih dari 500 personel yang mengisi posko-posko tersebut.
 
Berdasarkan Rakor tersebut, 500 personel itu nanti juga akan didukung dari personel TNI serta instansi terkait lainnya.
 
"Pentingnya kerjasama lintas sektoral dalam menjaga keamanan selama momen Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.
 
Anton mengemukakan Rakor tersebut  juga untuk menyelaraskan langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka mengamankan perayaan Idul Fitri.
 
Sementara Wakapolresta Balikpapan AKBP Hendrik Eka Bahalawan menambahkan koordinasi yang baik antarinstansi akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama perayaan Idul Fitri.
 
"Tadi juga telah disepakati beberapa langkah strategis yang akan dilakukan, termasuk peningkatan patroli, pengawasan di titik-titik keramaian, serta sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban," ujar Hendrik.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024