Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menggiatkan patroli untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat di daerah yang akrab disapa dengan julukan Benuo Taka itu sepanjang bulan puasa 2024 atau Ramadhan 1445 Hijriah.
 
"Kami upaya berikan rasa aman kepada masyarakat agar dapat jalankan ibadah dengan khusyuk dan tenang," ujar Kepala Polres (Kapolres) Penajam Paser Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Supriyanto di Penajam, Kamis.
 
Personel rutin melakukan patroli untuk memantau situasi keamanan, lanjut dia, dan memberikan respon cepat terhadap setiap potensi gangguan yang mungkin terjadi.
 
Patroli yang dilakukan personel Polres Penajam Paser Utara, salah satunya di sekitar area Pasar Ramadhan, yang ramai dikunjungi masyarakat berburu takjil atau makanan dan minuman berbuka puasa.
 
Personel Polres Penajam Paser Utara tidak hanya melakukan patroli, tetapi juga memberikan imbauan menyangkut keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Paser Ramadhan.
 
"Kegiatan imbauan Kamtibmas di Pasar Ramadhan bagian dari upaya mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban selama bulan puasa," jelas Kapolres.
 
Personel Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Penajam Paser Utara, memberikan imbauan kepada pengunjung dan pedagang di Pasar Ramadhan menyangkut pentingnya menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan.
 
Personel juga mengingatkan masyarakat menyangkut keamanan, kata dia, seperti menjaga barang bawaan, menghindari tindakan provokasi dan melaporkan kejadian yang mencurigakan kepada pihak berwajib.
 
Diharapkan kegiatan imbauan Kamtibmas itu, masyarakat dapat lebih waspada dan proaktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar Paser Ramadhan.
 
"Agar suasana beribadah dan berbelanja dapat berjalan lancar dan aman," ucapnya

Kegiatan patroli dan imbauan Kamtibmas yang dilakukan itu bertujuan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama puasa hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, demikian Supriyanto.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024