Vihara Vajra Vijaya Citta Samarinda mendapat kehormatan dengan kehadiran Vajra Acharya Lian Ji, yang memimpin upacara dan merupakan seorang pembimbing rohaniawan berusia 95 tahun asal Taiwan, yang hingga kini masih aktif dalam mewakili Mahaguru Dharmaraja Lian sheng dalam mengabarkan ajaran dharma Satya Buddha.

Dalam rangka menyambut tahun baru imlek, Vihara Vajra Vijaya Citta Samarinda merupakan sebuah tempat yang menyimpan keindahan dan kedamaian bagi para umat Buddha, tempat suci yang menjadi tujuan pelaksanaan upacara api Homa dengan memohon rezeki dan ketentraman negara. 

"Secara luas lagi, upacara ini dilaksanakan bertujuan untuk ketentraman dunia dan kedamaian Indonesia khususnya Kota Samarinda," katanya di Samarinda, Sabtu.

Dia menambahkan, ritual yang dilakukan dapat mempererat tali silaturahmi untuk umat Budha dan seluruh agama lain. Vajra Acharya Lian Ji menyampaikan, perbedaan ritual Api Homa yang diselenggarakan sebelumnya dengan tujuan cinta kasih. Sementara untuk tahun ini diharapkan dapat mengabulkan semua harapan  tanpa membedakan umatnya, dengan selalu mengajarkan cinta kasih.

Vajra Acharya Lian Ji,  merupakan sosok yang disegani dan dihormati, telah memberikan bimbingan rohani dharma Satya Buddha selama bertahun-tahun di Ben Shi Tang Kao Shiung, Taiwan. Pengalaman yang mendalam dan pengetahuan luas tentang ajaran Satya Buddha. Ia menjadi sosok inspiratif bagi banyak orang yang mencari pencerahan dan kedamaian dalam hidup mereka.

Upacara api Homa yang digelar di Vihara Vajra Vijaya Citta memiliki tujuan yang mulia dengan suasana khidmat, para umat berkumpul untuk memohon berkah dan kedamaian.

Salah satu aspek yang menarik dari upacara ini adalah Upacara Api Homa Pemberkahan rejeki dan Penyeberangan Arwah Ksitigarbha Bodhisatva. Dalam keyakinan Buddha, Ksitigarbha Bodhisatva adalah sosok penuh welas asih dengan ikrar suciNya yang siap membantu dan melindungi dan memberkati semua makhluk hidup.

Vihara Vajra Vijaya Citta sebagai tempat suci, bukan hanya menjadi wadah bagi upacara dan peribadatan, tetapi juga menjadi tempat untuk menenangkan pikiran dan menyatu dengan alam. Arsitektur tradisional dan dekorasi yang kental dengan nuansa Buddha menambah keindahan dan kekhusyukan tempat ini.

Para pengunjung dari berbagai penjuru datang untuk menyaksikan dan ikut berpartisipasi dalam upacara ini total sekitar 500an Peserta hadir menyemarakkan Upacara ini. Diawali dengan sambutan pertunjukan Barongsai dan Naga dan Di bawah cahaya obor dan gemerlap lilin, suasana hening terasa penuh makna. Semangat kebersamaan dan doa bersama menguatkan hubungan sosial dalam masyarakat.

Vihara Vajra Vijaya Citta dan upacara Api Homa dilaksanakan memberikan pesan universal tentang pentingnya persatuan, cinta kasih, dan perdamaian. Semangat dari Vajra Acharya Lian Ji yang tidak pernah surut dalam menyebarkan ajaran Satya Buddha menjadi teladan bagi para umat untuk terus berbuat baik dan menemukan kedamaian batin.

Dalam momen ini, semoga karma buruk dari para umat dapat dikikis, dan kota Samarinda selalu diberikan perlindungan dan berlimpah rezeki. Vihara Vajra Vijaya Citta tetap menjadi tempat berlindung bagi mereka yang mencari kedamaian dan pencerahan roh. Semoga ajaran Buddha terus menerangi hati dan pikiran, membawa perdamaian bagi seluruh umat di dunia ini. 

Pewarta: Rahmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024