Komando Resor Militer 091/Aji Surya Natakesuma (Korem 091/ASN) Samarinda, Kalimantan Timur, mendukung para petani di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional dengan pengairan sawah dan ladang melalui sumur bor. 
 
"Keterlibatan TNI dalam menyukseskan program ketahanan pangan merupakan salah satu upaya mewujudkan swasembada pangan," kata Danrem 091/ASN melalui Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo, saat panen raya di Tenggarong Seberang, Kabupaten Kukar, Sabtu.
 
Upaya Korem 091/ASN itu, lanjutnya, juga menjadi bentuk dukungan terhadap program pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait peningkatan produksi hasil pertanian dan penyediaan bahan pangan yang cukup untuk masyarakat.
 
"Berdasarkan kebijakan pemerintah itu,, Korem 091/ASN turut mengembangkan dan memanfaatkan lahan secara luas, diimbangi pemenuhan kebutuhan air untuk lahan pertanian," ujarnya. 

Baca juga: Gubernur Kaltim: Panen raya di Kukar penuhi ketahanan pangan
 
Dia melanjutkan panen raya padi bersama petani dan berbagai pihak di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang pada Sabtu merupakan hasil kerja keras Kelompok Tani Bina Usaha, Sri Lemah Sejati, dan Kelompok Pelita Jaya di atas sawah seluas 157 hektare (ha).
 
Jenis padi yang ditanam adalah jenis Impari 32 dan Mikongga. Jenis itu dapat memproduksi sekitar empat ton per hektar sehingga menjadi bukti nyata kerja keras, dedikasi, dan kerja sama setiap anggota kelompok tani bersama satuan Korem 091/ASN.
 
Panen raya itu juga diharapkan mendorong semangat kepada para petani untuk lebih giat menanam padi, demi pemenuhan kebutuhan pangan dan pengendalian Inflasi komoditas bahan pangan, selain tujuan kesejahteraan masyarakat secara luas.
 
"Hal itu sesuai dengan tema yang diusung dalam panen raya hari ini yaitu 'Bersatu Dengan Alam Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional'. Saya yakin, dengan semangat dan kolaborasi, apapun bisa kita wujudkan,"  kata Kasrem dalam rilis Penrem 091/ASN.

Baca juga: Pj Gubernur Kaltim minta BPP berperan wujudkan ketahanan pangan daerah

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024