Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, membentuk portal satu data kabupaten untuk acuan utama dalam perencanaan membangun daerah yang akrab disebut Benuo Taka itu.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar di Penajam, Selasa, mengatakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membentuk portal satu data kabupaten untuk mendukung pengelolaan data statistik.
 
Penyajian data yang berkualitas sangat mendukung program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Data yang disajikan setiap perangkat daerah di portal satu data kabupaten itu, menurut dia, menjadi salah satu acuan utama untuk menentukan program dan kegiatan pembangunan.
 
Seluruh kepala dinas diharapkan terus membenahi sajian data agar ke depan pengelolaan data statistik semakin baik untuk mewujudkan pembangunan kabupaten yang berkualitas.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berkomitmen meningkatkan tata kelola data yang berkualitas dan seluruh perangkat daerah terlibat aktif dalam menyajikan data berdasarkan tugas serta fungsi masing-masing instansi.
 
"Pemerintah kabupaten ingin sajikan data lebih akurat, terpadu dan bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.
 
Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga menjadi yang terbaik di Provinsi Kalimantan Timur dalam pengelolaan data sektoral.
 
Hasil penilaian tim Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, kata dia, memberikan predikat terbaik ketiga penyelenggaraan data statistik sektoral di Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Portal satu data kabupaten terus mengalami perkembangan yang cukup positif dalam mewujudkan data statistik sektoral Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Perencanaan pembangunan ditentukan oleh kualitas data yang digunakan, jadi seluruh perangkat daerah harus meningkatkan sajian data statistik," demikian Tohar.(Adv)

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024