Nunukan (ANTARA Kaltim) - Ribuan calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) tujuan Negeri Sabah Malaysia tiba di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

"Jumlah penumpang kapal (KM Thalia) dari Parepare (Sulawesi Selatan) pada pelayaran kali ini sebanyak 1.600 orang," ujar Andhika, salah seorang anak buah kapal (ABK) KM Thalia kepada Antara di Nunukan.

Namun lanjut dia, penumpang tersebut adanya juga tujuan Kabupaten Nunukan semata tetapi sebagian besar adalah calon TKI tujuan Malaysia.

Ia menambahkan, penumpang yang diperkirakan akan bekerja di Negeri Sabah tersebut sebagian besar dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Banyaknya penumpang yang akan menjadi TKI ke negara tetangga itu merupakan arus balik pada dua bulan atau sebulan lalu yang kembali ke kampung halamannya, ujar Andika.

"Penumpang mulai banyak dari Parepare ke Nunukan sebagian besar adalah calon TKI ke Malaysia. Kalau penumpang lokal tujuan Kabupaten Nunukan hanya sedikit," sebut dia.

Ia memperkirakan, penumpang KM Thalia kali ini diperkirakan 90 persen merupakan calon TKI tujuan Negeri Sabah dan kondisi seperti ini telah berlangsung selama tiga kali pelayaran dari Pelabuhan Nusantara Parepare. (*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014