Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), melakukan rehabilitasi SD Negeri 040 yang berlokasi di Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, dengan membangun ruang kelas belajar dua lantai.
 
Kepala Dinas Dikpora Penajam Paser Utara Alimuddin di Penajam, Minggu, mengatakan SD Negeri 040 di Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, kekurangan ruang kelas belajar dan fasilitas pendukung lainnya.
 
Karena itu sekolah tersebut, kata dia, dibangunkan ruang kelas dua lantai, mengingat selama ini ruang kelas di sekolah itu belum memenuhi kebutuhan.
 
"Kondisi bangunan SD Negeri 040 masih bagus, hanya kekurangan ruang kelas belajar. Jadi rehabilitasi yang dilakukan tidak semua, hanya penambahan ruang kelas belajar," katanya.
 
Pembangunan prasarana SD Negeri 040 di Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, dengan dua lantai cukup memungkinkan, kata dia, karena sekolah masih memiliki lahan yang cukup luas.
 
Proses pembangunan ruang kelas baru tersebut, lanjutnya, tidak mengganggu proses belajar mengajar sebab tidak merombak bangunan yang sudah ada saat ini.
 
"Ruang kelas belajar SD Negeri 040 dibangun sama seperti di SD Negeri 026 yang berada Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam," ujarnya.
 
Ia mengatakan dana sekitar Rp15 miliar dialokasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024. Selain untuk rehabilitasi gedung, kata dia, juga untuk pengadaan meja dan kursi belajar.
 
"Dana itu juga termasuk anggaran perencanaan dan fisik bangunan," kata Alimuddin. 
 
Dokumen perencanaan maupun dokumen lelang ditargetkan rampung dan diusulkan proses lelang melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Penajam Paser Utara pada akhir Januari 2024.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024