Komando Distrik Militer (Kodim) 0901 Samarinda, Kalimantan Timur kampanyekan gerakkan tanam cabai di pekarangan guna membantu pemerintah daerah dalam ketahanan pangan dan mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Kota Samarinda.

"Bentuk keseriusan TNI yakni dengan pemanfaatan lahan Kodim 0901/Samarinda untuk lahan pertanian dan pengembangan beberapa komoditas, termasuk cabai," kata Dandim 0901/Samarinda Kolonel Czi Eko Supri Setiawan pada kegiatan panen cabai dI lokasi Ketahanan Pangan Kodim 0901/Samarinda, di Kelurahan Harapan Baru, Samarinda, Jum'at 

Eko mengatakan kegiatan panen raya cabai itu merupakan langkah nyata TNI untuk mendukung program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) tahun 2024 dengan tema "Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Kota Samarinda".

Kodim 0901 Samarinda, lanjut Eko, menyadari komoditas cabai sebagai bumbu dapur di rumah tangga seringkali mengalami lonjakan harga yang tinggi pada hari-hari besar nasional seperti Idul Fitri, Natal, atau Tahun Baru.

Selain tanaman cabai, pekarangan Kodim 0901 itu ditanami kedelai, tapi khusus untuk pembibitan pada areal lahan Kodim tersebut.

Baca juga: Pj Gubernur Kaltim komitmen jaga ketahanan pangan songsong IKN

"Kami menjalin kerjasama dengan Pemkot Samarinda dalam pengembangan bibit kedelai, Setelah bibit jadi, kami sebar kepada para petani di Samarinda," katanya.

Benih kedelai menjadi salah satu target pengembangan komoditas ketahanan pangan, selain tanaman padi dan jagung.

"Kami berupaya turut menumbuhkan minat masyarakat untuk memulai bercocok tanam dengan memanfaatkan pekarangan kosong di sekitar tempat tinggal mereka," kata Eko.

Kodim 0901 Samarinda juga membantu sarana dan prasarana pertanian, sekaligus tenaga penyuluh pertanian guna mendukung ketahanan pangan di Kota Tepian bersama pemerintah kota.

"Melalui program pendampingan, kami berharap terjadi peningkatan produksi dan produktivitas pertanian masyarakat," tuturnya.

Baca juga: BI Kaltim bantu perkuat ketahanan pangan di IKN

Lahan pertanian cabai milik Kodim 0901 Samarinda mencakup area seluas satu hektar dengan target 20 ribu tanaman.

Kodim 0901/Samarinda telah memiliki satu kelompok tani binaan yaitu Karya Swarga. Kelompok tani itu telah memulai Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Kalimantan Timur dengan penanaman 2.000 pohon cabai pada 29 Agustus 2023.

Kegiatan penanaman cabai dilanjutkan dengan tanam serempak oleh 12 petani dengan target tanam 1.500 pohon per petani pada 7 Oktober 2023.

Pewarta: Arumanto

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024