Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Polisi Anton Firmanto menyebutkan lebih dari 500 personil dikerahkan untuk memastikan malam pergantian tahun di Kota Balikpapan berjalan  aman dan kondusif.

"500 personil itu merupakan gabungan antara personil Polri-TNI dan instansi lain," kata  Anton Firmanto, di Balikpapan, Sabtu (30/12).

Ia mengatakan sebanyak 500 personil itu akan menjaga di beberapa titik yang menjadi atensi dalam malam pergantian tahun, seperti di kawasan Lapangan Merdeka Balikpapan.

"Disana akan ada kegiatan yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat," tuturnya.

Selain di Lapangan Merdeka, yang menjadi atensi adalah sepanjang Jalan Jendral Sudirman, di jalan itu terdapat beberapa titik keramaian seperti Taman Bekapai, kemudian pusat perbelanjaan Balikpapan Trade Center atau Plaza Balikpapan, dan Mall Balikpapan Super Blok (BSB).

Kemudian di luar Jalan Jendral Sudirman yang menjadi atensi yaitu di kawasan Pasar Segar Jalan Sungai Ampal, serta Taman Tiga Generasi yang terletak di Jalan Ruhui Rahayu.

"Kami akan menerapkan rekayasa arus lalulintas di beberapa titik, terutama di Jalan Jendral Sudirman," ujarnya.

Dalam rekayasa arus lalulintas itu, kata Anton pihaknya akan melakukan penutupan yang dimulai sekitar pukul 23.30 Wita.

"Penutupan itu akan kami mulai dari simpang lampu merah Plaza Balikpapan Jalan Jendral Sudirman," tuturnya.

Sehingga jika masyarakat ingin menuju ke arah Lapangan Merdeka bisa melalui jalan alternatif yaitu Jalan Jendral Ahmad Yani atau yang biasa disebut kawasan Gunung Sari dan berbelok ke arah Gunung Pasir.

"Nantinya mereka  akan keluar dari Lapangan Merdeka, kemudian kami arahkan melalui Jalan Yos Sudarso atau melalui Pelabuhan Semayang, Jalan Minyak, hingga tembus di kawasan Karang Anyar, kami juga menerjunkan personil untuk pengamanan sebab yang dilalui merupakan obyek vital, " terangnya.
 
Oleh karena itu kata  Anton, untuk kawasan Jalan Minyak pihaknya juga melakukan penutupan untuk arah menuju Lapangan Merdeka pada pukul 23.30 Wita.

"Pada besok harinya kami akan fokus di pengamanan obyek wisata," tutup Anton.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023