Polda Kaltim menyatakan suasana malam Natal 2023 hingga perayaan Natal siang hari ini di Kaltim aman, damai, dan kondusif.

“Dari pantauan kami, suasana malam Natal hingga siang hari ini di Kaltim aman damai dan kondusif,” kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Wakapolda Kaltim) Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Mujiyono di Balikpapan, Senin.

Polda Kaltim dan Unsur Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) telah memantau langsung perayaan Natal oleh umat Kristiani, baik di gereja maupun di tempat-tempat lain.

Menurut Wakapolda, suasana aman, damai, dan kondusif ini tidak lepas dari kerja sama antara Polri, TNI, Pemkot Balikpapan, dan seluruh pemegang wewenang lainnya termasuk para panitia Natal di gereja-gereja atau pun komunitas.

Pada Minggu malam, Wakapolda Mujiyono bersama rombongan memantau situasi keamanan dan ketertiban dari pos-pos koordinasi (posko) yang disiapkan dalam Operasi Lilin Mahakam 2023.

Wakapolda bersama rombongan antara lain mengunjungi Gereja Santa Theresia di Prapatan dan dua posko di Balikpapan yakni posko di Pelabuhan Semayang serta posko di Simpang Tiga Balikpapan Trade Center yang menjadi titik Wakapolda dan rombongan melakukan rapat via daring dengan Kepala Polda (Kapolda) Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto.

Pada kesempatan itu, Kapolda mengingatkan para personelnya untuk tetap waspada dan siaga meskipun suasana sangat nyaman dan kondusif.

“Kami pastikan semuanya aman, baik warga yang merayakan natal, warga yang berlibur,” kata Wakapolda Mujiyono.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan hal serupa.

“Kehadiran kami ini untuk memastikan saudara-saudara kita dalam melaksanakan ibadah Natal berjalan lancar dan aman," kata Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Wali Kota juga menyampaikan terima kasih kepada warga Balikpapan yang penuh kebersamaan dan persatuan menjaga kondusivitas Kota Balikpapan.

“Semoga Kalimantan Timur, terkhusus Balikpapan, selalu aman dan kondusif," kata Wali Kota.

Selain di Gereja Santa Theresia yang menjadi tempat berkumpul umat Katolik, perayaan yang khidmat juga berlangsung di sejumlah gereja lainnya seperti Gereja Bethany di Jalan Sjarifuddin Joes dan Gereja Santo Mikael di Jalan Mulawarman, Sepinggan. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023