Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, telah menyiapkan dana bantuan tunai langsung (BLT) untuk 762 warga kurang mampu di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Penajam Paser Utara Bagenda Ali di Penajam, Jumat, mengatakan BLT tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah daerah untuk pengentasan kemiskinan ekstrem.

Warga kurang mampu di Kabupaten Penajam Paser Utara yang terdata masuk kategori miskin ekstrem sekitar 762 orang dan besaran BLT yang disalurkan sebesar Rp150 ribu per orang setiap bulan.

Warga kurang mampu yang masuk dalam kategori miskin ekstrem itu memiliki pendapatan Rp10 ribu per hari atau Rp322 ribu per bulan, dan pemerintah pusat menargetkan kemiskinan ekstrem nol persen pada tahun depan.

Baca juga: Dinas Sosial Penajam validasi data kemiskinan ekstrem

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan anggaran BLT selama satu tahun sebagai salah satu upaya penurunan kemiskinan ekstrem sesuai target pemerintah pusat itu.

Bantuan tunai langsung untuk warga kurang mampu, kata dia, disalurkan setiap tiga bulan sekali melalui rekening penerima manfaat.

"BLT diberikan selama 12 bulan atau satu tahun penuh dengan Rp150 ribu per orang untuk satu bulan yang disalurkan setiap tiga bulan sekali," tambahnya.
 

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengalokasikan anggaran lebih kurang Rp1,371 miliar untuk BLT program pengentasan kemiskinan ekstrem. Bantuan langsung tunai menyasar keluarga yang benar-benar masuk dalam kategori kurang mampu yang tersebar di empat kecamatan, sesuai data yang telah ditetapkan.

Baca juga: BLT Dana Desa Kaltim sudah tersalur Rp92,13 miliar

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023