Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalimantan Timur (DKP3A Kaltim) menyerahkan 287 Kartu Tanda Penduduk elektronik bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Perekaman, pencetakan, hingga penyerahan KTP elektronik itu dirangkai dalam Pelayanan Terpadu Data dan NIK dalam rangkaian Peringatan Hari Ibu (PHI) ke- 95 tahun 2023," kata Sekretaris DKP3A Provinsi Kaltim Eka Wahyuni di Samarinda, Rabu.

Dalam pelaksanaannya, DKP3A Kaltim menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di kabupaten/kota se-Kaltim selama dua hari, pada 19-20 Desember 2023.

Pelayanan itu, menurut Eka Wahyuni, menjadi bentuk perhatian dinas itu terhadap semua warga negara karena mereka berhak mendapatkan layanan administrasi kependudukan sebagai identitas diri, meskipun masih menjadi warga binaan.

Baca juga: Perekaman KTP Elektronik di Kaltim capai 98 persen

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltim Yulia Zubir Akmal meninjau pencetakan dan penyerahan KTP elektronik itu. Peninjauan dilanjutkan dengan kunjungan ke pusat pembinaan bagi warga binaan.

Sementara, Kepala LPP Kelas IIA Tenggarong Triana Agustin mengatakan pencetakan KTP elektronik bagi warga binaan merupakan upaya dukungan kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 2024.

"Alhamdulillah, sebanyak 287 warga binaan kami mendapat fasilitas pencetakan KTP elektronik. Semoga kartu identitas itu bisa memudahkan mereka dalam melakukan berbagai kegiatan secara administrasi, termasuk untuk kepentingan Pemilu 2024," kata Triana.

Baca juga: Disdukcapil Penajam ajukan tambahan 10.000 blangko KTP elektronik

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023