Tanjung Selor (ANTARA Kaltim) -  Sekolah  Menengah Pertama  (SMP)  swasta Agape  di Kabupaten Bulungan  Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2014 menargetkan kelulusan siswanya 100 persen.

“Kami menargetkan kelulusan siswa  tahun ini 100 persen seperti tahun sebelumnya , namun pada  tahun 2013 lalu ada satu siswa yang tidak lulus UN,” kata  kepala Sekolah  SMP Agape , Barnabas  di Tanjung Selor , Selasa (6/5).

Menurutnya  UN tahun 2014 di SMP Agape diikuti sebanyak 21 peserta  namun yang hadir hanya 19 orang peserta . Jika  dibanding tahun 2013 lalu jumlah peserta lebih banyak  yakni sebanyak 24 orang peserta.

Ia  mengatakan dihari pertama pelaksanaan UN ada dua siswa  yang tidak mengikuti dan keduanya tidak ada keterangan yang jelas, padahal  pihak sekolah telah menghubungi orang tua siswa tersebut , namun kedua no. kontak orang tuanya  tidak aktif.

Barnabas menjelaskan   sebelumnya pihak sekolah telah mempersiapkan  siswa –siswi yang akan mengikuti UN. Beberapa bulan sebelumnya para guru memberikan pembekalan, melakukan komunikasi  aktif  kepada siswa maupun orang tua siswa.

“Kami berharap siswa-siswi yang mengikuti UN  tahun ini bisa lulus seratus persen, meskipun  soal  ujian dinilai cukup sulit,” tegasnya.

Selain itu Barnabas  mengungkapkan kondisi sekolah SMP Agape yang memiliki sarana dan prasarana sangat  terbatas, ditambah belum ada kucuran dana dari  Dinas Pendidikan maupun dana Bosda.

Biasanya dana dikucurkan per triwulan namun sampai sekarang belum ada, padahal  kami sudah melaporkan dan mengajukan Rencana Anggaran Pembiayaan (RAP).

“Seharusnya  dana sebelum pelaksanaan ujian telah dikucurkan, jadi akibatnya suka tidak suka pihak sekolah harus mencari pinjaman terlebih dahulu, kalau tidak pelaksanaan  ujian akan terhambat ,” kata Barnabas (*)


Pewarta: Rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014