Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara Irwan Syahwana menyatakan bahwa surat suara Pemilu 2024 didistribusikan dari percetakan di Kota Surabaya, Jawa Timur, ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada 17 Desember 2023.
 
"Informasi yang kami terima, surat suara didistribusikan untuk Kabupaten Penajam Paser Utara pada 17 Desember 2023," ujar Irwan Syahwana di Penajam, Rabu.

Gedung aula KPU Kabupaten Penajam Paser Utara disiapkan sebagai tempat penyimpanan surat suara di tingkat kabupaten, lanjut dia, dengan pertimbangan jaminan keamanan surat suara.

Penyimpanan surat suara di lingkungan Kantor KPU Kabupaten Penajam Paser Utara itu, agar kondisi surat suara lebih mudah untuk dipantau.

"Kami memilih penyimpanan surat suara di lingkungan kantor KPU karena pertimbangan keamanan dan mudah dipantau," jelasnya.
 
KPU Kabupaten Penajam Paser Utara juga menyiapkan tepat untuk penyimpanan logistik Pemilu 2024 lainnya seperti bilik dan kotak suara, di tingkat kabupaten.

Baca juga: KPU evaluasi debat perdana Pilpres, sesi tanya-jawab dan mulai tepat waktu
 
Tempat yang disiapkan tersebut salah satu gedung dekat Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam.
 
Tempat penyimpanan logistik Pemilu 2024 di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, KPU Kabupaten Penajam Pasar Utara meminjam gedung milik pemerintah kabupaten.
 
Penggunaan gedung milik pemerintah kabupaten untuk penyimpanan logistik pemilu itu, menurut dia, karena terkendala anggaran untuk biaya sewa gedung atau tempat.
 
KPU RI memberikan alokasi anggaran sewa gedung atau tempat untuk penyimpanan logistik Pemilu 2024, hanya di tingkat kabupaten atau kota.
 
Sedangkan tempat penyimpanan logistik pemilu di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa tidak dialokasikan anggaran biaya sewa, sehingga KPU melakukan koordinasi peminjaman gedung kepada pemerintah kabupaten, demikian Irwan Syahwana.

Baca juga: KPU Penajam-Kaltim buka perekrutan 3.794 KPPS di 542 TPS Pemilu 2024

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023