Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) menyatakan, para peserta pelatihan kecakapan hidup sub keterampilan tata boga, layak membuka usaha atau berwirausaha, karena rasa yang disajikan cukup nikmat.

“Waktu itu saya langsung mencicipi, bahkan makan satu porsi mi ayam buatan peserta pelatihan life skill tata boga, rasanya mantap, maknyus, jadi mereka layak membuka usaha kuliner,” ujar Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading di Samarinda, Minggu.

Bahkan, para peserta juga menyatakan siap membuka usaha baru, diawali dengan membentuk kelompok usaha agar mereka lebih kuat dalam menjalankan usaha.

Dari awal ia memang percaya dengan keterampilan yang akan dimiliki oleh calon peserta pelatihan, karena para narasumber yang didatangkan merupakan orang ahli, terampil dan memang selama ini berkecimpung di bidang masing-masing keterampilan yang dilatihkan.

Misalnya, lanjut Rasman, untuk pelatihan kecakapan hidup (life skill) tata boga, pihaknya mendatangkan Sayoko Prasetyo, selaku Chef Bogasari.

Mi ayam yang telah ia nikmati rasanya, kemudian peserta pelatihannya juga siap membuka usaha, katanya, ini merupakan hasil pelatihan yang digelar di Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur, pada November 2023.

“Sejumlah keterampilan yang ditularkan koki ke peserta antara lain mulai dari meracik bumbu ayam, kaldu mi ayam, minyak ayam, membuat kulit pangsit, hingga penyajian mi ayam, sehingga para pesertanya kini sudah terampil,” katanya.

Hari berikutnya, peserta dilatih membuat kue karamel, vienuse cookies, pizza, roti taiwan, roti gulung abon, donat, dan bolu gulung borneo.

Dari banyaknya keterampilan dan motivasi yang diberikan oleh pelatih dan Dispora Kaltim tentang semangat berwirausaha, maka ia berharap kepada peserta menjadi termotivasi dan terinspirasi untuk membuka lapangan kerja baru.

Selain pelatihan tata boga, pada waktu yang sama di Kutai Timur, saat itu juga digelar pelatihan kecakapan hidup lain, yakni pelatihan desain grafis di SP 4 pada Balai Desa Mukti Utama, Kecamatan Long Mesangat.

Kemudian di Balai Desa SP 3 untuk pelatihan make up artis, pelatihan perbengkelan di Service Motor Desa Sumber Sari, serta pelatihan peternakan di Desa Sumber Agung yang juga di Long Mesangat. Ada pula pelatihan lain di Kecamatan Busang, Kutiai Timur.

“Semua kecakapan hidup yang telah ditularkan narasumber, diterima dengan baik oleh peserta dan rata-rata peserta juga terampil, sehingga selain mereka siap diterima di pasar kerja juga siap membuka lapangan kerja,” katanya. (Adv)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023