Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Balikpapan mewakili Provinsi Kalimantan Timur dalam perlombaan olahan makanan serba ikan tingkat nasional di Jakarta, Selasa (21/11).

"Pada perlombaan tingkat kota, PKK Balikpapan Tengah menang. Lalu, kami mengusung mereka ke tingkat provinsi dan ternyata kembali memang sehingga mewakili Kalimantan Timur," ujar Ketua TP PKK Balikpapan Nurlena Rahmad Mas'ud di Balikpapan, Rabu.

Pada perlombaan memasak serba ikan di Jakarta, PKK Balikpapan meraih gelar harapan satu untuk menu keluarga dan harapan dua untuk menu kudapan makanan selingan dari 30 provinsi yang mengikuti kegiatan memperingati Hari Ikan Nasional itu.

"Juara umumnya dari Riau, baik untuk kategori menu keluarga, kudapan dan balita," ujar Nurlena.

Perolehan hasil perlombaan tingkat nasional itu, menurut Nurlena, menjadi prestasi yang membanggakan bagi Balikpapan karena persaingan dengan provinsi lain dan Kaltim sebagai gerbang menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca juga: Balikpapan Siapkan Aplikasi Buku Panduan HKG PKK ke-48

Nurlena mengatakan prestasi PKK Balikpapan menjadi dorongan untuk meningkatkan kampanye konsumsi ikan, terutama mendukung tumbuh kembang anak dan mencegah stunting.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Penguatan Daya Saing Produk Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim Irma Listiawati mengatakan perlombaan olahan serba ikan tingkat nasional itu merupakan kegiatan tahunan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Bagi kami di provinsi, kegiatan itu mendorong masyarakat daerah untuk meningkatkan konsumsi ikan," kata Irma.

Sebelumnya pada tingkat provinsi, sebanyak 9 perwakilan dari kota dan kabupaten di Kaltim menggelar lomba serupa dan TK PKK Balikpapan yang berhak mewakili Benua Etam pada tingkat nasional.

"Memang lomba itu setiap tahun berbeda ikan yang diolah. Sedangkan untuk kategori penilaian tidak berbeda, yaitu kudapan balita, menu keluarga," kata Irma.

Perlombaan olahan ikan nasional pada 2023 yaitu olahan ikan gabus untuk kategori menu balita, ikan nila untuk kudapan, dan ikan tuna untuk menu keluarga. (Adv)

Baca juga: Balikpapan Cetak "Hattrick" Juara Umum HKG PKK

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023