Ratusan calon anggota legislatif yang ditetapkan masuk dalam daftar calon tetap bakal bertarung memperebutkan 25 kursi DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Pemilu 2024.
 
"Sebelum menetapkan daftar calon tetap, kami terlebih dahulu meminta persetujuan kepada semua partai politik," jelas anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara Tono Sutrisno di Penajam, Minggu.
 
"Setelah semua partai politik menyatakan sesuai dan setuju, kemudian KPU menetapkan bakal calon legislatif masuk dalam daftar calon tetap pada Jumat (3/11) dan diumumkan Sabtu (4/11)," tambahnya.

Bakal calon legislatif yang masuk dalam daftar calon sementara sebanyak 355 orang, tetapi ada dua bakal calon legislatif mengajukan pengunduran diri kepada partai politik dan ditembuskan kepada KPU Kabupaten Penajam Paser Utara
 
Kedua bakal calon legislatif yang mengundurkan itu dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), menurut dia, sehingga yang ditetapkan dalam daftar calon tetap 353 orang.

Baca juga: DPRD Penajam: Dana desa fokus peningkatan pendapatan desaa
 
Namun, diperkirakan daftar calon tetap akan kembali berkurang karena ada tiga calon legislatif Partai Amanat Nasional (PAN) mengajukan pengunduran diri kepada partai politik dan ditembuskan kepada KPU Penajam Paser Utara.
 
"Ada tiga lagi surat pengunduran diri bakal calon legislatif yang ditujukan kepada partai politik ditembuskan kepada KPU setelah daftar pemilih tetap diplenokan," ujarnya.

Sebelum memutuskan mengeluarkan dua bakal calon legislatif itu, lanjut dia, KPU akan melakukan klarifikasi kepada calon legislatif dan partai politik bersangkutan.
 
Daftar calon legislatif yang ditetapkan itu terdiri 216 laki-laki dan 137 perempuan dan memenuhi syarat keterwakilan perempuan

Baca juga: DPRD Penajam: Perda pajak-retribusi tingkatkan pendapatan kabupaten

Calon legislatif yang masuk daftar pemilih tetap bakal memperebutkan 25 kursi di DPRD, kata dia, dengan daerah pemilihan I Penajam 12 kursi, daerah pemilihan II Sepaku lima.kursi dan daerah pemilihan III Waru-Babulu delapan kursi.
 
Tiga dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) hanya ada satu calon legislatif, Partai Garda Republik Indonesia (Garuda) dua calon legislatif dan Partai Ummat lima orang calon legislatif, demikian Tono Sutrisno.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023