Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian meminta kepada para kader  TP PKK ikut membantu program pemerintah dalam  memajukan  daerah  serta mencegah dan menurunkan angka stunting  di wilayahnya masing-masing.

"Provinsi Kaltim daerah kaya  akan sumber daya alam (SDA) tapi masih ada lima ribu anak mengalami stunting, walau angkanya terbilang kecil, setidaknya semua harus terlibat untuk mengurangi angka tersebut," katanya  pada kegiatan  silaturahmi dengan para kader TP PKK di  BSCC Dome, Balikpapan Selasa (24/10).

Ia mengatakan para kader TP PKK bisa melakukan kontrol dan memantau kehidupan masyarakat sekitarnya untuk mencegah stunting dengan memberikan edukasi  para ibu-ibu hamil dan mengajak memeriksakan balitanya  ke Posyandu. 

Pada kegiatan itu Ketua Umum  PKK  Tri Tito Karnavian didampingi Pj Ketua PKK Kaltim dan Ketua PKK Balikpapan Hj. Nurlena memberikan tablet penambah darah bagi ratusan siswi Balikpapan.  Secara simbolis ada 10 siswi yang mendapatkan tablet penambah darah dalam rangka menekan kasus stunting.

Tri Tito Karnavian juga mengajak para generasi Z yang berada di IKN dan Kaltim untuk mempersiapkan diri dari sekarang, sehingga harapannya  pada  tahun 2045 mendatang siap bersaing dan berkompetisi , tidak  hanya jadi penonton di rumah sendiri.

“Tunjukkan masyarakat  Kaltim bisa, banyak pejabat tokoh nasional dari daerah-daerah, lakukan dengan kerja keras untuk membangun daerah,” katanya.

Tri Tito Karnavian  juga mengapresiasi  para kader TP PKK di Kaltim yang ikut membantu program pemerintah dalam memajukan daerah . Inovasi-inovasi yang sudah dicapai oleh masing-masing pengurus patut dihargai.

Pada kesempatan itu juga Tri Tito Karnavian berdialog singkat dengan 6 anggota PKK Balikpapan dan Kaltim yang usianya di atas 70 tahun. Pengabdian mereka rata-rata di atas 30 tahun, diantaranya Fauziah Okol (81) dari Kota Samarinda.

"Kader PKK ini sudah lama sekali dan harus kita berikan penghargaan. Kita akan usulkan Kader PKK yang pengabdian sudah lama diberikan penghargaan, " katanya.

Menurutnya kiprah PKK salah satunya bekerja sama dengan OPD, dan pihak-pihak swasta  serta lembaga, sehingga program PKK  mencakup lebih luas  dan ikut mensejahterakan  masyarakat.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan simbolis dokumen kependudukan antara lain  KTP elektronik, kartu nikah online, KK, KTP Pemula, Kartu Identitas Anak. (Adv)

 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023