Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan membuka layanan pembayaran pajak online.
 
"Kami sudah sediakan pembayaran pajak secara online," kata Kepala Bapenda Kabupaten Penajam Paser Utara Safwana, di Penajam, Minggu.
 
Layanan pembayaran pajak secara online yang dibuka itu untuk mempermudah para wajib pajak, kata dia lagi, untuk melakukan pembayaran pajak.
 
"Dibukanya pembayaran pajak online itu juga sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah," ujarnya lagi.
 
Diharapkan dengan adanya layanan pembayaran pajak secara online, para wajib pajak tidak menunggak memenuhi kewajiban membayar pajak karena sudah dimudahkan bisa dilakukan tanpa harus mendatangi Kantor Bapenda Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Masih ada yang menunggak pembayaran pajak, khususnya pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB P2) karena alasan waktu," katanya lagi.
 
Banyak wajib pajak di Kabupaten Penajam Paser Utara tidak memenuhi kewajiban membayar pajak tepat waktu, bahkan ada yang menunggak dengan berbagai alasan.
 
Bapenda Kabupaten Penajam Paser Utara juga menyiapkan hadiah bagi wajib pajak sebagai langkah lainnya untuk meningkatkan realisasi penerimaan pajak.
 
"Kami akan berikan hadiah kepada wajib pajak yang memenuhi kewajiban membayar pajak tepat waktu," katanya.
 
Sejumlah hadiah telah disiapkan Bapenda Kabupaten Penajam Paser Utara bagi wajib pajak yang membayar pajak tepat waktu, dengan hadiah utama paket umrah.
 
Hadiah paket umrah untuk satu orang warga yang membayar PBB P2 tepat waktu, jika banyak yang membayar PBB P2 tepat waktu akan ditentukan melalui pengundian untuk menentukan satu wajib pajak yang berhak mendapatkan hadiah utama itu, demikian Safwana.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023