Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menyatakan tes tertulis bagi 23 bakal calon kepala desa yang mendaftar sebagai peserta pemilihan kepala desa di tiga desa dilakukan profesional dan transparan.
 
"Seleksi tambahan berupa tes tertulis bagi 23 bakal calon kepala desa yang terdaftar di tiga desa akan dilaksanakan pada 9 Oktober 2023," kata Kepala DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara Pang Irawan di Penajam, Jumat.
 
Seleksi tambahan berupa tes tertulis karena bakal calon kepala desa di tiga desa lebih dari lima orang yang mendaftar.
 
Tiga desa tersebut, yaitu Desa Gunung Intan sebanyak tujuh orang bakal calon, Desa Labangka Barat enam orang bakal calon, dan Desa Giripurwa sebanyak 10 orang bakal calon.
 
"Direncanakan tes tertulis 23 bakal calon kades itu akan dilakukan dengan lembaga yang memiliki kompetensi, yaitu bekerja sama dengan akademisi untuk menjadi tim seleksi," ujarnya.
 
Tes tertulis digelar di desa yang mempunyai lebih dari lima orang calon kades itu bertujuan untuk penentuan kelayakan calon sebagai peserta pilkades.
 
Pelaksana tes tertulis bakal calon kades harus menjamin kelayakan, agar tidak terjadi konflik dalam tes tambahan bakal calon kades dari tiga desa yang lebih dari lima pendaftar tersebut.
 
Direncanakan tes tertulis dilaksanakan oleh akademisi Universitas Indonesia (UI) Jakarta agar berlangsung adil dan jujur, jelas dia, karena tes tertulis salah satu tahapan pilkades yang dinilai rawan terjadi kecurangan yang menimbulkan konflik.
 
"Pembuatan soal dilakukan akademisi agar tidak ada kebocoran soal tes, dan tes tertulis 23 bakal calon kades dilakukan di satu tempat memudahkan pengawasan," tambahnya.
 
Pelaksanaan tes tertulis terhadap 23 bakal calon kades dipastikan profesional dan transparan, karena hasil tes atau nilai sesuai kemampuan masing-masing peserta dan diyakini tidak terjadi kecurangan pada tes tertulis itu, demikian Pang Irawan.
 
Sebanyak 14 desa bakal menggelar pilkades pada 29 Oktober 2023, yaitu Desa Sidorejo, Giripurwa Bangun Mulya, Labangka, Gunung Intan, Rintik, Gunung Mulia, Labangka Barat diBumi Harapan, Argo Mulyo, Semoi Dua, Suko Mulyo, Karang Jinawi, dan Desa Telemow.(Adv)
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023