Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memberikan bantuan teknis pengembangan wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, sebagai Serambi Nusantara daerah mitra Kota Nusantara, ibu kota masa depan Indonesia.


Pemerintah kabupaten, kata Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Nicko Herlambang di Penajam, Selasa, akan mengembangkan sejumlah wilayah sebagai Serambi Nusantara daerah mitra Kota Nusantara yang berada di dekat ibu kota negara baru Indonesia itu.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyusun rencana peraturan kepala daerah (Ranperkada) mengenai rencana detail tata ruang (RDTR) dan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS), untuk mewujudkan ruang Serambi Nusantara sebagai daerah mitra Kota Nusantara.

Kementerian ATR/BPN, kata dia, mendukung pengembangan wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai Serambi Nusantara dengan memberikan bantuan teknis penyusunan Ranperkada RDTR dan KLHS daerah mitra Kota Nusantara.

"Rencana induk pengembangan wilayah Kota Nusantara memperhatikan pengembangan daerah di sekitar wilayah ibu kota negara baru Indonesia itu," tambahnya.

Ranperkada RDTR dan KLHS Penajam Paser Utara, menetapkan Kelurahan Penajam, Petung, Maridan, Riko, Sepan, dan Kelurahan Sotek menjadi wilayah perencanaan pengembangan.

Wilayah perencanaan pengembangan pada Kelurahan Penajam dan Petung untuk mewujudkan ruang Serambi Nusantara sebagai pusat pemerintahan, perdagangan dan jasa, serta pariwisata yang aman dan berkelanjutan.

Wilayah perencanaan pengembangan di Kelurahan Maridan, Riko, Sepan, dan Sotek untuk mewujudkan ruang Serambi Nusantara sebagai kota satelit serta pusat perdagangan dan jasa yang aman dan nyaman serta berkelanjutan.

"Keempat kelurahan itu akan menjadi wilayah pertumbuhan yang menarik untuk investasi," ujarnya.

Kabupaten Penajam Paser Utara, daerah terdekat dengan Kota Nusantara membangun identitas dengan slogan Serambi Nusantara sebagai ciri khas daerah asal ibu kota negara baru Indonesia di wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Konsep Serambi Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi halaman depan atau teras Kota Nusantara dan sebagai alat pemasaran agar  memiliki kedudukan strategis secara nasional maupun di mata dunia," kata Nicko Herlambang.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023