Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menargetkan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik pemilih pemula di daerah berjuluk Benuo Taka itu rampung sebelum Pemilu 2024.

"Kami berupaya agar pemilih pemula dapat KTP elektronik dan bisa menyalurkan hak pilih pada Pemilu 14 Februari 2024," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara Mawar di Penajam, Senin.


Sekitar 4.000 orang pemilih pemula berasal dari kalangan pelajar di Kabupaten Penajam Paser Utara tercatat dalam daftar pemilih potensial Pemilu 2024.

Dinas Dukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan perekaman data KTP elektronik bagi pelajar itu rampung pada akhir 2023 atau awal 2024, sebelum pemilu digelar.

"Pelajar yang masuk daftar pemilih potensial itu merupakan pemilih pemula yang akan memberikan hak pilih dalam pencoblosan Pemilu 2024," jelasnya.

"Kami pastikan seluruh pemilih pemula bisa perekaman data KTP elektronik sebelum pemilihan umum," tambahnya.

Sampai saat ini terdata masih sekitar 2.000 orang pemilih pemula dari kalangan pelajar yang masuk daftar pemilih potensi di Kabupaten Penajam Paser Utara belum melakukan perekaman data KTP elektronik.

Dinas Dukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara menerapkan layanan jemput bola atau mendatangi sekolah tingkat menengah atas (SMA/SMK) untuk mempercepat perekaman data KTP elektronik.

Menurut dia, setiap pekan petugas mendatangi SMA maupun SMK sederajat pada empat kecamatan guna melakukan perekaman data KTP pelajar yang pada saat pencoblosan berusia 17 tahun.

Petugas hanya melakukan perekaman data para pelajar tersebut, kemudian KTP elektronik bakal dicetak atau diterbitkan saat pelajar bersangkutan berusia 17 tahun.

"Pelajar yang menjadi sasaran percepatan rekam data KTP elektronik adalah mereka yang memasuki usia 17 tahun atau yang berusia 17 tahun tepat pada waktu pelaksanaan Pemilu 2024," kata Mawar.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023