Dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada 17 September 2023, Dinas Perhubungan Kota Samarinda menggandeng sejumlah cosplayer untuk melakukan sosialisasi penertiban parkir liar di sejumlah titik di Kota Samarinda, Rabu (13/9).
 
Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda Hotmarulitua Manalu mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk membiasakan masyarakat Kota Samarinda agar selalu mematuhi aturan parkir dan berlalu lintas yang benar.
 
“Sosialisasi ini agar masyarakat bisa mengikuti aturan agar tidak memarkir kendaraan di trotoar,” imbau Manalu.
 
Ia juga menghimbau kepada seluruh pedagang kaki lima di Kota Samarinda untuk memikirkan lahan parkir terhadap konsumennya.
 
Jika tidak dilakukan, hal tersebut bisa memicu munculnya oknum juru parkir liar.
 
“Untuk pedagang, jangan cuma memikirkan usahanya saja. Sediakan lahan parkir untuk konsumen, sehingga tidak memakan bahu jalan,” katanya.
 
Lebih lanjut, ia menilai bahwa kolaborasi antara cosplayer Samarinda bersama Dinas Perhubungan merupakan langkah yang berbeda dari sebelumnya.
 
 Ia berharap, kolaborasi tersebut dapat memicu atensi dari masyarakat Kota Samarinda.
 
“Cosplayer Samarinda ini representasi terhadap generasi milenial, jadi mereka bisa memunculkan daya tarik dalam kegiatan ini,” kata Manalu.
 
Sementara itu, salah satu cosplayer yang mengenakan kostum Power Ranger, Wawan, mengaku senang bisa berpartisipasi dalam sosialisasi ini.

Ia berharap, jika kolaborasi seperti ini bisa menarik perhatian masyarakat sekitar. Mengingat, masih banyak masyarakat yang tidak patuh akan aturan parkir dan berlalu lintas.
 
“Senang bisa berpartisipasi dalam sosialisasi ini. Jika dilihat tadi masyarakat cukup antusias, atas kolaborasi cosplayer dan Dishub Samarinda. Paling tidak, sosialisasi ini bisa didengar oleh masyarakat,” ucapnya.
 
Dalam kegiatan tersebut, Dishub Samarinda menyusuri beberapa titik rawan parkir liar untuk dilakukan penertiban. Ada lima orang cosplayer yang terlibat dalam sosialisasi ini. Mereka mengenakan kostum Power Ranger, Kamisato Ayaka Genshin Impact, Caelus Honkai, Ruby RWBY, dan Food Fantasy Mango Pudding.
 
Aksi tersebut dimulai sejak pukul 09.00 WITA, dari Jalan Juanda, Jalan Dr Soetomo, Jalan Pahlawan, Jalan Kesuma Bangsa, Jalan Danau Toba, Jalan Basuki Rahmat, Taman Samarendah, Jalan Jendral Sudirman, dan berakhir di Jalan Panglima Batur.
 
Pada kesempatan itu juga Dishub Samarinda menertibkan beberapa kendaraan roda dua dan roda empat. Tercatat lima kendaraan roda dua dikempesin, satu mobil di derek, dan satu mobil juga dikempesin oleh petugas Dishub  Samarinda.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023