Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Samarinda melaksanakan kegiatan penyuluhan manasik haji dalam rangka mempersiapkan para jamaah haji dari Kota Samarinda yang akan diberangkatkan pada tahun 2024.

Kegiatan penyuluhan manasik haji tersebut menurut Kemenag Kota Samarinda Baequni bertujuan untuk mempersiapkan calon haji yang mandiri.

"Kami memberikan berbagai bekal terutama pengetahuan atau ilmu yang diperlukan agar dapat menjadi jamaah yang mandiri dalam menjalankan rangkaian ibadah haji,” ungkap Baequni di Mesjid Sofiatul Amin, komplek Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu.

Baequni menjelaskan kegiatan manasik dilaksanakan sepanjang tahun ini, dan khusus pada kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka untuk manasik haji di tahun berikutnya atau yang akan berangkat tahun 2024.

“Pemerintah memiliki tanggung jawab dalam penyelenggaraan ibadah haji. Kami selaku wakil dari pemerintah akan memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada para calon jamaah,” katanya.

Dalam rangka mewujudkan kemandirian para calon jamaah, Baequni menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan bimbingan melalui kegiatan manasik haji.

“Di Kota Samarinda, kegiatan bimbingan manasik haji secara formal akan diadakan sebanyak 12 kali sebelum keberangkatan tahun depan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun mengingatkan kepada para calon jamaah untuk memanfaatkan kegiatan manasik dengan sebaik- baiknya sehingga memudahkan saat melakukan ibadah sesungguhnya.

"Jadwal manasik haji cukup panjang, tentu akan memberikan banyak waktu bagi para jamaah untuk mempersiapkan segala sesuatu mengenai keberangkatannya nanti," kata Andi Harun.

Persiapkan fisik, menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan melakukan olahraga ringan. Persiapkan mental, melatih kesabaran serta persiapan berbagai hafalan bacaan dan doa dalam melaksanakan ibadah haji nanti.

Kepada para pembimbing haji, Andi Harun mengharapkan agar dapat memberikan bimbingan yang jelas kepada para calon jamaah haji, sehingga para jamaah haji bisa memahami, dari mulai tata cara pelaksanaan haji, hafalan bacaan dan doa, juga mengenai berbagai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Hal tersebut agar para calon jamaah haji nantinya, dapat melaksanakan semua prosesi ibadah haji dengan baik dan lancar, serta terhindar dari kemungkinan melakukan kesalahan atau pelanggaran, selama berada di tanah Haram.

Andi Harun menekankan tentang melatih kesabaran bagi para jamaah haji. Menjalankan ibadah haji perlu banyak keikhlasan dan kesabaran dalam menjalani semua prosesi, sehingga nantinya kembali ke tanah air mendapat haji yang mabrur.

Pada musim haji tahun 2024 nanti, menurut rencana ada sebanyak 582 calon jamaah haji asal Kota Samarinda yang akan diberangkatkan dan ada kurang lebih 50 jamaah yang masuk dalam daftar cadangan. 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023