Kawasan persemaian bibit tanaman Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memperoleh aliran listrik sebesar 555 kVA dari PT PLN Persero guna mendukung penghijauan sekaligus ketahanan pangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Persemaian Mentawir menjadi pelanggan kami nomor 64 untuk kawasan baru IKN," kata Manajer PLN UP3 Balikpapan dari Unit Induk Distribusi PLN Kaltimra, Achmad Meidiansyah di Balikpapan, Jumat.

Lokasi Mentawir yang masih tergolong daerah terpencil menjadi tantangan bagi PLN untuk menyalurkan aliran listrik dengan kapasitas besar.

Namun, kesuksesan penyambungan aliran listrik ke kawasan yang lebih dekat dengan Balikpapan itu mendapatkan apresiasi dari perwakilan Kantor Sekretariat Presiden (KSP) dan perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) sebagai instansi yang mengelola Persemaian Mentawir.

Baca juga: PLN gunakan kabel bawah tanah di pusat IKN

"Kami juga berkomunikasi dengan pihak KSP dan KLHK terkait progres infrastruktur kelistrikan dan penempatan jalur jaringan listrik agar sesuai dengan konsep IKN yang mengusung green and smart city," ujar Meidiansyah.
 
Meidiansyah juga mengimbau para investor ataupun calon pelanggan yang membutuhkan pasokan listrik di kawasan penyangga IKN Nusantara segera menghubungi PLN. 

"Bagi calon pelanggan yang membutuhkan layanan listrik baik dalam masa pra konstruksi ataupun untuk kebutuhan permanen bisa langsung menghubungi PLN, "  demikian Meidi.

Tenaga Ahli Utama KSP Trijoko M. Solehoedin menyampaikan apresiasi kepada PLN pasca-penyalaan pelanggan ke-64 di Mentawir.

"Kami berterima kasih karena kelistrikan di lokasi Mentawir sudah tersedia. Kami berharap pembangunan infrastruktur dan jaringan ketenagalistrikan, terutama di kawasan IKN dapat diakselerasi lagi guna mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan penambahan pelanggan yang ada di IKN," kata Solehoedin.

Baca juga: PLN siapkan infrastruktur kelistrikan andal IKN Nusantara

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023