Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, bakal memasang jaringan distribusi air bersih untuk masyarakat secara gratis yang berasal dari bantuan Pemerintah Australia.
 
"Kami melakukan pendataan di wilayah Kerok untuk pemasangan jaringan air bersih gratis" kata Direktur Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara Abdul Rasyid di Penajam, Jumat.
 
"Kami pastikan 100 sambungan rumah air bersih di wilayah Kerok itu terpasang pada tahun ini," katanya.
 
Pemasangan jaringan distribusi air bersih ke rumah warga menggunakan dana hibah dari Pemerintah Australia hanya diperuntukkan masyarakat Kerok di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Dana hibah dari Pemerintah Australia sekira Rp1,015 miliar hanya mampu untuk melakukan pemasangan jaringan air bersih sebanyak 100 sambungan rumah baru dan dikhususkan untuk warga di wilayah Kerok.
 
"Tahun ini, ada hibah dari Australia yang disalurkan kepada pemerintah kabupaten untuk penambahan jaringan air bersih," jelasnya.
 
Dana hibah Pemerintah Australia tersebut untuk pemasangan pipa jaringan distribusi air bersih sepanjang satu kilometer dan 100 sambungan rumah baru, serta membeli mesin pompa air.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga berencana membangun pipa jaringan air bersih untuk memperluas layanan air bersih di wilayah Kecamatan Waru dan Kecamatan Babulu.
 
Jaringan pipa distribusi air bersih di wilayah Kecamatan Waru akan disambungkan dengan jaringan pipa air bersih di wilayah Kecamatan Penajam.
 
Sumber air baku Instalasi pengolahan air bersih berasal dari embung di Kecamatan Babulu, yang dikelola Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Kalimantan Timur, saat ini sudah dioperasikan.
 
"Beroperasinya Instalasi pengolahan air bersih tersebut, dapat mengalirkan air bersih kepada 200 sambungan rumah di Desa Babulu Darat dan 284 sambungan rumah di Desa Babulu Laut," demikian Abdul Rasyid.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023