Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu, memusnahkan 83 item barang bukti baik berupa narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) maupun barang rampasan.

"Semua barang bukti yang dimusnahkan hari ini telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkrah). Tempat pemusnahan di halaman Kejari Samarinda," kata Kasi Intelijen Kejari Samarinda Erfandy Rusdy Quiliem di Samarinda.

Barang bukti tersebut berasal dari 83 perkara dengan perincian sebanyak 45 merupakan perkara narkotika, 9 perkara keamanan negara dan ketertiban umum serta tindak pidana umum lain, 27 perkara orang dan harta benda (oharda), dan 2 perkara tindak pidana khusus.

Dari Kejari Samarinda, kata dia, yang memimpin pemusnahan tersebut adalah Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) Julius Michael Butar-Butar.

Adapun perincian barang bukti dan barang rampasan yang dimusnahkan adalah sabu-sabu sebanyak 156 poket, ekstasi ada 8 buah, ganja 1 paket, sendok penakar 5 buah, timbangan digital 4 buah, plastik klip 12 lembar, dan peralatan judi sebanyak 6 unit.

Ada pula senjata tajam sebanyak 15 buah, tali 3 utas, pakaian dan celana 25 lembar, kosmetik tanpa izin edar sebanyak 4.730 buah, elektronik 63 unit, obat ilegal sebanyak 97 buah, rokok Ilegal sebanyak 784 bungkus, minuman keras sebanyak 84 botol, dan barang lainnya sebanyak 67 buah.

Barang bukti berupa narkotika baik sabu, ganja, dan lainnya yang dimusnahkan tersebut, kata dia, merupakan sisa barang dari laboratorium forensik dan telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

"Kegiatan ini merupakan hal rutin Kejaksaan Negeri Samarinda sebagai tindak lanjut dari tugas jaksa selaku eksekutor (pelaksana putusan pengadilan) dalam rangka penuntasan penanganan perkara," kata Erfandy.

Hadir dalam pemusnahan barang bukti tersebut sejumlah perwakilan di Samarinda, antara lain, Pemkot Samarinda, Pengadilan Negeri, Polres Kota Samarinda, Dinas Kesehatan, Balai BPOM, Bea Cukai, dan perwakilan dari BNN Kota Samarinda.

Pewarta: M. Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023