Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, menegaskan dan mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui program Guru Penggerak.
 
"Kami percaya bahwa pemekaran daerah di Kaltim memberikan kesempatan emas untuk mengoptimalkan program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan setiap wilayah," ujar Hetifah saat Diskusi Pendidikan di Hotel Fatma Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu.
 
Menurutnya, situasi pendidikan di wilayah ini saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan yang mengkhawatirkan. Jumlah pengawas maupun guru penggerak tidak sebanding dengan jumlah sekolah.
 
Hetifah menyampaikan bahwa masalah ini harus segera ditangani karena dapat menjadi ancaman serius, terutama dalam menghadapi bonus demografi dan dampak pandemi yang masih terasa.
 
"Hal lain yang penting diperhatikan adalah memperkuat pendidikan agama, seperti Madrasah, dan mengharapkan agar standar pendidikan yang diterapkan di daerah ini setara dengan standar internasional," kata Hetifah.
 
Ia menekankan perlunya fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai kunci utama kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi dan sekolah-sekolah lokal.
 
Hetifah juga mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten dan Provinsi Kaltim dalam menghadapi perubahan undang-undang tentang hubungan keuangan pusat dan daerah serta program Merdeka Belajar, yang menyesuaikan dengan perbedaan dan kebutuhan masing-masing daerah.
 
"Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, maka pemerintah kabupaten maupun provinsi harus mendukung program guru penggerak dan sekolah penggerak," katanya.
 
Ia berharap program tersebut dapat memberikan pelatihan dan bimbingan kepada para guru dan siswa untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mereka, serta membantu menggali potensi diri dengan lebih baik untuk menghadapi persaingan di tingkat nasional maupun internasional.
 
Lebih lanjut, Hetifah menekankan perlunya seleksi yang tepat dalam rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN).Perlunya memberikan bimbingan kepada calon ASN dalam menulis curriculum vitae dan mengungkapkan kelebihan diri secara profesional sangatlah penting.
 
"Dengan kerjasama pemerintah, masyarakat dan institusi pendidikan di Kaltim dapat mencapai kemajuan yang lebih baik dibidang pendidikan dan menghadapi tantangan masa depan dengan lebih siap dan tangguh," ujar Hetifah.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023