Sebanyak 121 haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, sudah tiba di Tanah Air pada Kamis (27/7).

Setelah sampai di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Kota Balikpapan pada Kamis (27/7) pukul 01.45 WITA, mereka menuju ke Asrama Haji Batakan untuk beristirahat, menjalani pemeriksaan kesehatan, dan mengambil barang bawaan.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Nurbayah di Penajam, Jumat, jamaah haji diberangkatkan ke Kabupaten Penajam Paser Utara setelah shalat subuh dan tiba di Masjid Agung Al Ikhlas sekitar pukul 10.00 WITA.

"Jamaah haji disambut pemerintah kabupaten dan dijemput keluarga pulang ke rumah masing-masing sekitar pukul 12.00 WITA," katanya.

Ia mengatakan bahwa keluarga menjemput jamaah haji di Masjid Agung Al Ikhlas Kabupaten Penajam Paser Penajam karena tidak boleh menjemput langsung di Asrama Haji Batakan, Kota Balikpapan.

"Semua jamaah haji sehat, dapat beribadah lancar sesuai jadwal, dan pulang dengan selamat," katanya.

Ia mengatakan bahwa 121 haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara yang sudah sampai di kampung halaman tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 20 Embarkasi/Debarkasi Balikpapan.

Menurut dia, masih ada 17 haji asal Penajam Paser Utara yang belum pulang dari Tanah Suci. Jamaah yang tergabung dalam kloter 21 Embarkasi/Debarkasi Balikpapan itu dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 3 Agustus 2023.

"Untuk penjemputan jamaah haji kloter 21 tidak ada persiapan khusus karena jumlahnya tidak sebanyak jamaah haji kloter 20," kata Nurbayah.
 
 
 
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023