Gubernur Kalimantan Timur mengajak umat Islam untuk meneladani apa yang telah dilakukan Nabi Ibrahim As dan anaknya, Nabi Ismail As dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Gubernur Isran Noor berharap warga Kaltim selalu kuat dan meningkat ketakwaan kepada Allah SWT, seperti yang diajarkan Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As.

"Kita bersyukur bisa kembali melaksanakan Salat Idul Adha tahun ini. Semoga warga Kaltim melalui momentum Hari Raya Idul Adha ini selalu diberikan kekuatan dan meningkat ketakwaan kepada Allah SWT," kata Gubernur Isran Noor saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Kaltim, Jalan Slamet Riyadi Samarinda, Kamis.

Salat Idul Adha dipimpin oleh Ustadz Murjani Zuhri, yang bertindak sebagai Khotib. Ustadz Mursalin Al Hafizh, dan sebagai Bilal Ustadz Muhammad Sofari dari Qori Muara Pahu.

Baca juga: Presiden Jokowi ikuti shalat Idul Adha di Yogyakarta

Selain Gubernur Kaltim, hadir menjalankan Shalat Idul Adha, Danrem 091 ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo, Ketua MUI Kaltim yang juga Imam Besar Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Kaltim KH Muhammad Rasyid, Dewan Pengawas Masjid Islamic Center dan Forkopimda Kaltim beserta ribuan jamaah umat Muslim dari Kota Samarinda.

Bagi Gubernur Isran, keteladanan Nabi Ibrahim As dan Ismail As wajib dicontoh. Dengan semangat berkurban yang dilakukan keduanya, mengisyaratkan agar seluruh umat Muslim senantiasa ikhlas ketika mendapat ujian dan cobaan.

Untuk itu, Gubernur Isran mendoakan warga Kaltim dan jamaah Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center selalu mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.

"Mari bersama-sama kita ikuti ajaran yang telah disampaikan rasul kita, Nabi Muhammad SAW maupun Nabi Ibrahim As dan Ismail As dalam kehidupan kita sehari-hari," pesannya.

Baca juga: Kemenag Kaltim imbau pemotongan hewan kurban sesuai syariat Islam

Ketua Dewan Pengelola Masjid Islamic Center H Awang Dharma Bakti menjelaskan, tahun ini hewan kurban diterima Masjid Baitul Muttaqien untuk sapi 19 ekor dan kambing delapan ekor. Termasuk hewan kurban sapi dari Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi masing-masing satu ekor dengan jenis limosin.

Ia mengatakan pendistribusian daging kurban tersebut ditujukan untuk masyarakat tiga kelurahan yang ada di sekitar Masjid Islamic Center Kaltim.

" Kami membagi kupon untuk 2.055 penerima daging kurban, dan tentunya sesuai dengan instruksi Gubernur untuk tidak menggunakan sampah plastik saat pembagian daging kurban," jelasnya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023