Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyatakan siap menjadi tuan rumah Peringatan Hari Kearsipan Nasional 2024, setelah secara resmi terpilih dalam peringatan yang sama di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Mei 2023.

"Secara umum kami siap, sedangkan mengenai hal-hal lain, kami lapor dulu ke Bapak Isran Noor, Gubernur Kaltim, baru kemudian menyusun sejumlah hal teknis sebagai persiapan tuan rumah," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim M Syafranuddin di Samarinda, Kamis.

Hal pertama yang segera dilakukan adalah pembentukan panitia agar masing-masing anggota panitia memiliki kejelasan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga masing-masing anggota memahami apa yang dilakukan untuk memastikan siapa berbuat apa.

Baca juga: Bappeda Kaltim musnahkan 2.801 arsip periode 1994-2010

Hal lain yang perlu disiapkan adalah merancang rencana kegiatan yang selanjutnya dibahas bersama panitia, observasi lokasi sebagai rencana pusat kegiatan peringatan baik di Kita Samarinda atau Balikpapan yang kemudian diusulkan ke gubernur.

"Yang jelas kami siap menjadi tempat penyelenggaraan puncak peringatan Hari Kearsipan ke-53 tahun 2024 yang akan digelar pada kisaran Mei atau Juni tahun depan," ujar Ivan, sapaan akrabnya.

Hal ini ia sampaikan setelah adanya surat dari Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunanto, tentang Penunjukan Provinsi Kaltim sebagai Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-53 Tahun 2024 yang ditandatangani tanggal 20 Juni 2023.

Dalam surat tersebut juga disampaikan penghargaan dan terima kasih atas dukungan Gubernur Kaltim kepada ANRI, termasuk komunitas bidang kearsipan di lingkungan Provinsi Kaltim dalam upaya mendorong terwujudnya penyelenggaraan kearsipan
yang komprehensif dan terpadu secara nasional.

Baca juga: Baru dua perangkat daerah di Paser yang telah tertib pengelolaan arsip

Sedangkan penunjukan Kaltim menjadi Puncak Peringatan Hari Kearsipan 2024, hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti hasil pertemuan "Executive Board Meeting" pada 23 Mei 2023 dalam rangkaian Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-52 Tahun 2023 di Kabupaten Banyuwangi.

"Pertemuan tersebut dihadiri seluruh Pimpinan Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi se-Indonesia yang menyatakan, Provinsi Kaltim secara resmi terpilih menjadi tempat penyelenggaraan puncak peringatan Hari Kearsipan ke-53 Tahun 2024," kata Ivan.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023