Warga di wilayah pesisir Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, diingatkan untuk selalu waspada potensi gelombang tinggi dan angin kencang akibat bertiupnya angin dari arah selatan.
 
"Kami minta warga, terutama di wilayah pesisir untuk selalu waspada potensi gelombang tinggi dan angin kencang," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Budi Santoso di Penajam, Jumat.
 
Ia menyatakan, tidak lama lagi akan memasuki musim angin selatan atau angin yang bertiup dari arah selatan yang biasanya bertiup dengan kencang dan mengakibatkan gelombang tinggi.
 
Masyarakat nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara juga diimbau mewaspadai ancaman gelombang tinggi di wilayah perairan saat memasuki musim angin selatan ini.
 
Para nelayan diminta lebih memperhatikan peralatan dan kelengkapan keamanan sebelum melaut dan memastikan peralatan keamanan yang bakal digunakan.
 
"Sebaiknya sebelum melaut pantau terlebih dahulu kondisi cuaca, atau menunda melaut karena gelombang tinggi," tambahnya.
 
BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara bakal berkoordinasi dengan dinas perikanan setempat menyangkut potensi angin kencang dan gelombang tinggi memasuki musim angin selatan.
 
Seluruh nelayan diharapkan memiliki radio komunikasi, jika terjadi kendala di tengah laut dapat berkomunikasi dengan cepat, ketika membutuhkan pertolongan.

Bukan saja nelayan, menurut dia, segala aktivitas transportasi di laut juga berbahaya, sebaiknya waspada karena musim angin selatan.

Penyedia dan pengguna jasa pelayaran juga diingatkan berhati-hati dan waspada terhadap angin musim selatan yang berpotensi menyebabkan gelombang besar dan angin kencang, demikian Budi Santoso.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023