Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Samarinda menggelar razia kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas selama libur nasional.
 
"Hari ini kami melaksanakan razia di kamar hunian para warga binaan guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban selama libur nasional," kata Kepala  Kapas Narkotika Samarinda Hidayat di Samarinda, Kamis.
 
ia mengatakan, kegiatan tersebut menyikapi hari libur nasional hari lahirnya Pancasila dengan tetap menjaga keamanan Lapas dari gangguan keamanan dan ketertiban dengan melaksanakan razia kamar hunian..
 
Menurutnya, deteksi dini razia kamar hunian merupakan upaya untuk menjaga keamanan Lapas, bahwasanya tidak boleh lengah dan harus selalu siaga, apalagi selama Libur Nasional seperti hari ini.
 
Ia menyebutkan, razia dilaksanakan di Blok Kamar Gaharu, oleh Tim Satops Patnal Lapas Narkotika Samarinda, jajaran Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) serta anggota Regu Pengamanan Lapas.
 
Hidayat menjelaskan, berdasarkan hasil razia ditemukan petugas berupa barang tidak terpakai seperti korek api gas, terminal listrik rakitan, dan sendok serta tidak ditemukan barang-barang terlarang lain yang berpotensi bisa menimbulkan gangguan keamanan. Barang  hasil razia akan di data kemudian langsung dimusnahkan.
 
"Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Lapas Narkotika Samarinda dalam mewujudkan Lapas Narkotika Samarinda Bersinar (Bersih dari Narkoba),"  kata Hidayat. 
 
Seperti diketahui sebelumnya pada akhir April 2023, Petugas Pengamanan, Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Samarinda melakukan penggeledahan terhadap kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam rangka mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban.
 
“Penggeledahan ini kita lakukan secara rutin guna deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, selain penggeledahan kita juga melakukan pengecekan sarana dan prasarana dan kondisi warga binaan,” ucap Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Narkotika Kelas II A Samarinda Prawira Hadiwidjojo beberapa waktu lalu.
 
Ia menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan dengan cara menyisir beberapa kamar yang dipimpin langsung oleh dirinya beserta jajaran dan anggota petugas pengamanan.
 
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023