Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda, Kalimantan Timur, terus melakukan pembenahan dan berinovasi dalam pelayanan ke masyarakat untuk mencapai pembangunan zona integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).


"Setelah kami melakukan pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM baru-baru ini, maka semua jajaran di Kejari Samarinda dipacu untuk terus berbenah di segala hal, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat," ujar Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda Firmansyah Subhan di Samarinda, Senin. 

Bahkan, pihaknya juga telah melakukan penandatanganan pakta integritas, penandatanganan komitmen bersama mewujudkan WBK WBBM, penyematan Pin Pembangunan Zona Integritas, dan memberikan piagam penghargaan kepada pegawai dengan kinerja terbaik untuk kategori Jaksa dan Staf Tata Usaha.

Penghargaan diberikan kepada pegawai dilakukan untuk mempertahankan prestasi, bahkan untuk meningkatkan prestasi bagi yang telah menerima, kemudian untuk memacu semangat bagi rekan lain agar bisa berbuat serupa, bahkan jika mampu, harus lebih baik lagi. 

Untuk penandatanganan pakta integritas, lanjutnya, hal ini dilakukan sebagai bentuk penguatan komitmen menuju wilayah bebas korupsi dan bersih melayani, karena semua pihak akan ingat bahwa mereka telah sepakat yang dibuktikan dengan tanda tangan. 

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen seluruh jajaran di Kejari Samarinda untuk mewujudkan satuan kerja yang berintegritas, termasuk sebagai upaya mengakselerasi tercapainya semua tujuan dari reformasi birokrasi," katanya. 

Dampak dari komitmen bersama tersebut adalah akan mampu meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, tercapainya instansi yang bersih dan bebas dari KKN, serta peningkatan pelayanan publik, sehingga masyarakat merasa nyaman ketika berurusan di Kejari Samarinda. 

"Kami ingin menjadikan Kejari Samarinda sebagai lembaga penegak hukum yang mumpuni, tegas dalam bertindak, tidak tebang pilih, dan santun dalam melayani masyarakat," kata Firmansyah lagi.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023