Pejabat dari luar Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur,  lolos seleksi administrasi sebagai tahapan awal pada lelang jabatan terbuka untuk mengisi kekosongan 11 posisi jabatan eselon II di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.
 
Peserta yang mendaftar seleksi terbuka atau lelang pengisian jabatan eselon II, ungkap Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar di Penajam, Sabtu, ada yang berasal dari Kota Samarinda dan Bontang, serta Kabupaten Paser.
 
Sejak pendaftaran lelang jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dibuka pada 2-8 Mei 2023, sebanyak 38 pejabat ikut mendaftar.
 
Setelah dilakukan seleksi administrasi satu peserta dari Kota Samarinda dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat.
 
"Yang berhak ikuti tahapan seleksi terbuka selanjutnya 37 peserta yang lolos tahap pertama atau persyaratan administrasi," katanya.
 
Peserta yang lolos seleksi administrasi tersebut selanjutnya masuk tahapan uji kompetensi yang bakal dilaksanakan di UPT (unit pelaksana teknis) Badan Kepegawaian Negara atau BKN.
 
Tiga nama peserta lelang jabatan yang meraih nilai tertinggi setiap OPD (organisasi perangkat daerah) dilaporkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN.
 
Setelah ada persetujuan KASN, jelas dia, panitia seleksi terbuka atau lelang jabatan rekomendasi tiga nama peserta tersebut kepada kepala daerah untuk ditetapkan peserta terpilih dan dilakukan pelantikan.
 
Jabatan lowong yang dilelang, di antaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pertanian, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, serta Inspektorat.
 
Kemudian, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Satuan Polisi Pamong Praja, Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Badan Pendapatan Daerah, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
 
"Kami berharap tahapan seleksi terbuka atau lelang jabatan berjalan sesuai rencana, ditargetkan pada Mei 2023 dilakukan pelantikan," ujar Tohar.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023