Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan bantuan anggaran untuk peningkatan fasilitas kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Sepaku di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, seiring pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
"Anggaran peningkatan fasilitas kesehatan RSUD Sepaku dari DAK (dana alokasi khusus)," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Jansje Grace Makisurat di Penajam, Kamis. 
 
Pada tahun ini (2023) RSUD Sepaku dapatkan anggaran Rp20 miliar, yang terbagi Rp12 miliar untuk pembangunan fisik dan untuk alat kesehatan Rp8 miliar.
 
Pada tahun depan (2024) RSUD Sepaku bakal kembali dapat penambahan anggaran pembangunan fisik dan alat kesehatan dari Kemenkes Rp115 miliar.
 
Anggaran tersebut untuk penambahan gedung Rp80 miliar dan Rp35 miliar untuk alat kesehatan.
 
RSUD Sepaku, menurut dia, dipersiapkan tidak hanya untuk melayani masyarakat lokal, tetapi juga mampu untuk layani pekerja pembangunan infrastruktur IKN Indonesia baru bernama Nusantara.
 
Status RSUD Sepaku ditingkatkan menjadi rumah sakit tipe C, serta dijadikan rumah sakit trauma center di Ibu Kota Nusantara.
 
"Rumah sakit trauma center itu untuk tangani pasien khusus kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas dan lainnya," jelas dia.
 
Rumah sakit trauma center melayani pasien seperti kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, patah tulang luka, terutama pekerja pembangunan infrastruktur IKN Indonesia baru.
 
Kemenkes, kata Jansje Grace Makisurat, berencana mengubah perencanaan RSUD Sepaku dengan kapasitas layanan yang memadai.
 
Fasilitas RSUD Sepaku, yang berada di IKN Nusantara belum memadai untuk pelayanan kesehatan bagi pekerja pembangunan infrastruktur ibu kota negara baru.(Adv)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023