Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, siapkan pelaksanaan pasar murah Ramadhan 1444 Hijriah di empat kecamatan.

"Lokasi pasar Ramadhan yang menjual bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dari pasaran tersebar di empat kecamatan dengan waktu yang berbeda-beda dimulai tanggal 10 April  hingga 14 April 2023," kata Pelaksana tugas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang di Penajam, Senin.

Bahan kebutuhan pokok dengan harga murah dalam pasar Ramadhan 1444 Hijriah yang bakal digelar di empat kecamatan di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Dia menjelaskan pasar Ramadhan di wilayah Kecamatan Penajam bakal digelar di Kelurahan Gunung Seteleng serta Desa Sidorejo ada 10 dan 11 April 2023.

Kemudian di wilayah Kecamatan Waru akan dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Waru pada 12 April 2023, dan di wilayah Kecamatan Babulu diadakan di lapangan sepak bola kecamatan pada 13 April 2023.

Sedangkan pasar Ramadhan di wilayah Kecamatan Sepaku bakal digelar di lapangan bola Desa Sukaraja pada 14 April 2023.

Pasar Ramadhan diselenggarakan dengan melibatkan Induk Koperasi Pasar (Inkoppas) dan Badan Urusan Logistik (Bulog), serta sejumlah toko modern yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain menyiapkan lima ton beras, 500 kilogram gula, 200 liter minyak goreng, 400 kilogram tepung terigu, juga komoditas bahan pokok lainnya juga disiapkan dalam pasar Ramadhan.

Ketersediaan komoditas tersebut, jelas dia, karena keterlibatan Inkoppas, Bulog dan toko modern dan berbagai macam produk dalam pasar Ramadhan dijual sesuai HET (harga eceran tertinggi).

Tujuan pasar Ramadhan untuk memastikan harga kebutuhan bahan pokok sepanjang bulan puasa hingga lebaran tetap stabil dan tidak mengalami lonjakan yang signifikan.

"Barang yang dijual beragam karena ada Bulog, Inkoppas dan pasar modern,," ujar Nicko Herlambang. (Adv)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023