Bank Indonesia (BI) Balikpapan menyediakan uang tunai senilai Rp1,39 triliun untuk aneka kebutuhan masyarakat di daerah itu, khususnya saat menyambut Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.


"Kami sediakan uang tunai Rp1,39 triliun,” kata Kepala BI Balikpapan R Bambang Setyo Pambudi di Balipapan, Senin.

Ia menjelaskan, jumlah itu mengalami kenaikan tujuh persen dibanding periode tahun sebelumnya. 

Ia menyebutkan, untuk penukaran, layanan kas oleh perbankan dibuka mulai 27 Maret–20 April 2023 di 149 titik kantor perbankan di Balikpapan, Penajam Paser Utara dan Paser.

Selain itu, pihaknya bekerjasama dengan delapan bank untuk memberi layanan kas keliling pada 3-14 April di 10 tempat dan layanan penukaran uang di Pasar Murah TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah).

Ia merinci, di kas keliling dapat dilayani 500 penukar dengan maksimum penukaran Rp3,8 juta per orang dan mendapatkan seluruh seri uang kertas rupiah.

Jaga inflasi
Selain itu, pihaknya tetap fokus menjaga inflasi bersama TPID, melalui sejumlah kegiatan.

“Kita jaga terutama dengan menyediakan stok pangan pokok cukup agar harga tidak melonjak,” jelas Bambang Setyo.

Ia berencana pada pada14 Maret hingga 5 April dijadwalkan ada operasi pasar oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) di 21 titik.

Operasi pasar yaitu membanjiri pasar dengan stok barang yang kekurangannya berpotensi menjadi penyebab inflasi.

Kegiatan serupa dengan nama berbeda, seperti gelar pangan murah, diselenggarakan pada 19 Maret-16 April di Paser, di 11 April di Balikpapan pasar murah TPID Balikpapan 3-7 April di Gedung Parkir. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023