Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Samarinda melakukan razia gabungan untuk memastikan keamanan Lapas bersih dari narkoba dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 tahun.
 
"Kegiatan penggeledahan kamar hunian warga binaan pada hari ini  juga merupakan deteksi dini pada Lapas se-Indonesia terutama Lapas Narkotika Samarinda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan memastikan Lapas dalam keadaan aman," ucap Kalapas Narkotika Kelas II A Hidayat di Samarinda, Jumat.
 
Dikemukakannya, razia gabungan tersebut menggandeng aparat penegak hukum dari Polri dan TNI Kota Samarinda, guna menghindarkan lingkungan Lapas dari praktik penyelundupan narkoba.
 
"Kegiatan penggeledahan oleh Lapas Narkotika Samarinda menggandeng Polsek Sungai Pinang dan Koramil 0901-05 Samarinda Utara,"  kata Hidayat.
 
Ia menuturkan, kegiatan penggeledahan dimulai pukul 07:00 WITA itu berjalan lancar, aman dan tertib, warga binaan sangat kooperatif dalam kegiatan hari ini karena petugas dan aparat penegak hukum yang melaksanakan tetap bersikap tegas namun humanis dalam melaksanakan razia.
 
Dari hasil penggeledahan tidak ditemukan barang terlarang, hanya ditemukan barang yang tidak terpakai seperti korek api gas, sendok, terminal listrik rakitan yang berpotensi bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.
 
“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari Polsek dan Koramil Samarinda Utara atas razia gabungan pada hari ini, dalam menyukseskan Pemasyarakatan bersih-bersih ini. Dari hasil razia gabungan ini tidak ditemukan barang-barang terlarang," katanya.

Hidayat berharap Lapas Narkotika Samarinda selalu dalam keadaan nyaman, aman dan terkendali.
 
Selain operasi gabungan penggeledahan kamar hunian, pada pemasyarakatan bersih-bersih hari ini Lapas Narkotika Samarinda juga melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan Lapas, mulai dari halaman depan kantor, rumah dinas pegawai, hingga ke dalam blok hunian warga binaan. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita akan kebersihan lingkungan.
 
"Hari ini masih dalam rangkaian pemasyarakatan bersih-bersih, kita jajaran Lapas Narkotika Samarinda melaksanakan kebersihan lingkungan yang dilaksanakan serentak seluruh lembaga pemasyarakatan se-Indonesia," tutup Hidayat. 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023