Sejumlah  informasi menarik  terkait ekonomi dan kemaritiman di Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita Antara pada Senin (27/2), mulai dari kerja sama pandu tunda Perusahaan Daerah (Perusda) Melati Bhakti Satya (MBS) dengan PT Pelindo Jasa Maritim di perairan Sungai Mahakam, hingga bertambahnya penumpang penerbangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dikarenakan rute dan maskapai baru.

Beginilah rangkuman informasi seputar  ekonomi Kaltim yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Perusda MBS realisasikan bisnis pandu tunda

Perusahaan Daerah (Perusda) Melati Bhakti Satya (MBS) segera merealisasikan kerja sama bisnis pada kegiatan pandu tunda di perairan Sungai Mahakam bersama PT Pelindo Jasa Maritim, selambat-lambatnya Minggu ketiga Maret 2023.

Ada pun area yang dikerjasamakan yakni pada alur sungai di bawah jembatan kembar Mahakam dan jembatan Mahulu. Pihaknya akan lebih terfokus pada kegiatan penundaan kapal di dua jembatan tersebut, dengan menyiapkan dua buah kapal.lengkap dengan nahkoda dan awaknya.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Sidak jika harga barang tak rasional

Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Kota Samarinda Marnabas menyatakan pihaknya akan terjun melakukan inspeksi mendadak ke pasar-pasar jika ada indikasi harga bahan pokok yang sudah tidak rasional atau terlampau mahal.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya selalu memantau harga-harga pangan dan kebutuhan pokok di pasar-pasar Samarinda secara real time setiap hari, per pukul 10.00 WITA pagi, guna memastikan harga barang sesuai dengan mekanisme pasar secara normal.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Penumpang bertambah dengan rute dan masapai baru

Rute penerbangan dan maskapai baru telah meningkatkan jumlah penumpang di Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,  menjadi 389.210 penumpang datang dan pergi selama Januari hingga awal Februari 2023.

Saat ini Bandara Sepinggan Balikpapan menyediakan 18 rute penerbangan domestik yang dilayani oleh 8 maskapai, dengan penerbangan ke Jakarta, Surabaya, dan Makassar menyerap penumpang terbanyak.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. DPRD Kaltim bahas pelayaran Sungai Mahakam

Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Membahas kerja sama Perusahaan Daerah (Perusda) Melati Bhakti Satya  (MBS) di bidang pelayaran dengan PT Pelindo terhadap pengelolaan pandu tunda di jembatan Mahakam dan jembatan Mahulu serta seluruh jembatan yang ada di aliran sungai.

Komisi II akan mengawasi proses penyelesaian aturan teknis kerja sama pandu tunda di jembatan kembar Mahakam dan jembatan Mahulu hingga tuntas penandatanganan antara PT Pelindo Jasa Maritim dengan Perusda (MBS) paling lambat dua Minggu sejak 27 Februari 2023.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Operasi Pasar Paser

Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Tanah Grogot Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, mulai menggelar operasi pasar sembako murah hingga menjelang puasa untuk menstabilkan harga sembako di pasarang.

Bulog sudah menggelar operasi pasar di Jalan Kartini Tanah Grogot, di eks kantor dinas perizinan. Untuk operasi pasar berikutnya, akan dilakukan di lokasi kegiatan car free day (CFD) di Jalan Sudirman Tanah Grogot setiap hari Minggu.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023