Samarinda(ANTARA Kaltim) - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kaltim mulai mempersiapkan data peserta Ujian Nasional (UN) 2014 keseteraan baik untuk paket A, B, maupun paket C  meskipun pelaksanaannya baru akan digelar pada kisaran Mei-Juni 2014.

“Pada 2013 ini jumlah peserta Ujian Nasional Program Keseteraan (UNPK) baik paket A (setara SD), paket B (setara SMP), dan paket C (setara SMA) sebanyak 5.697 orang, tetapi untuk UNPK 2014 kita belum tahu persis karena masih dilakukan pendataan,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Disdik Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Senin.

Rincian peserta UN  2013 adalah jumlah peserta dari paket A sebanyak 716 warga yang belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), paket B tercatat 2.113 warga belajar, dan paket C sebanyak 2.868 warga belajar.

Mengingat data persisnya belum dimiliki oleh Disdik Kaltim, lanjut Asli, maka pihaknya segera menggelar rapat koordinasi (rakor) sekaligus evaluasi mengenai UNPK pada 2013, yakni jika ada kekurangan akan diperbaiki untuk kepentingan UNPK pada 2014.

Rakor dan evaluasi pelaksanaan UNPK itu akan digelar selama empat hari mulai 19 hingga 22 November 2013 di Hotel Grand Zamrud 2 Samarinda.

Peserta rakor dan evaluasi adalah dari Dinas Pendidikan di 15 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang membidangi keseteraan, peserta juga dari PKBM yang akan menyelenggarakan UNPK di kabupaten dan kota.

Menurut Asli, waktu pelaksanaan UN bagi paket A, B, dan C kelihatannya masih lama, yakni pada kisaran Mei-Juni, tetapi jika hal itu tidak dipersiapkan mulai sekarang, maka data siswa calon peserta UNPK akan sulit diterima Disdik Kaltim karena dari kabupaten dan kota biasanya lambat menyerahkan data tersebut.

Data sangat dibutuhkan sebelumnya penyelenggaraan dilaksanakan, pasalnya dari data yang ada akan berpengaruh pada jumlah soal yang akan diberikan, jumlah biaya, dan lokasi mana saja yang akan digunakan sebagai penyelenggaraan UNPK.

“Melalui rakor dan evaluasi besok, kami berharap akan ada data yang pasti sehingga kami lebih mudah menghitung. Selain itu, hasil evaluasi juga sangat kami butuhkan untuk perbaikan penyelenggaraan UNPK pada 2014,” kata Asli.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013