Bankaltimtara menerapkan  mode  atau bentuk transaksi digital dalam aktivitas belanja kepada para UMKM binaan di Wisata Belanja (Wisbel) komplek Stadion Kadrie Oening Sempaja Samarinda, setiap hari Minggu.  

“Para UMKM yang menjadi binaan kami di Wisbel  Stadion Kadrie Oening Samarinda sudah menggunakan aplikasi Dalam Genggaman (DG) Bankaltimtara sebagai mode transaksi digital,” kata Pimpinan Departemen Hubungan Korporasi Bankaltimtara Kenda Satya di Samarinda,Senin.

Dia mengatakan, ada 300 UMKM yang bergabung di Wisbel. Masing-masing pedagang sudah dibekali pemahaman tentang bagaimana menggunakan aplikasi DG pada ponsel mereka.

“Masing -masing lapak cukup memasang kode Qris di depan tenan, maka transaksi bisa lebih simpel dan mudah,” katanya.

Menurutnya, transaksi digital tersebut  untuk memudahkan  UMKM binaan Baklatimtara , dan lebih terbiasa dengan transaksi-transaksi elektronik. Apalagi di kota-kota seperti Samarinda sudah akrab dengan pembayaran uang digital, melalui berbagai macam platform.

Kenda  menuturkan, Bankaltimtara tidak gagap akan perubahan mode transaksi masyarakat masa kini, maka pengembangan aplikasi DG Bankaltimtara menjadi penting untuk secara bertahap terapkan.

“Aplikasi  transaksi digital ini diterapkan ke seluruh UMKM binaan sejak diaktifkannya kembali Wisbel  Stadion Kadrie Oening akhir September 2022. Sebelumnya aktivitas UMKM ditutup selama merebaknya pandemi COVID-19,” katanya.

Dia menjelaskan, DG Bankaltimtara adalah layanan perbankan elektronik Bankaltimtara bagi nasabah untuk memperoleh informasi melakukan komunikasi dan transaksi melalui media Mobile Banking dan Internet Banking.

Lanjutnya, adapun keuntungan menggunakan aplikasi DG Bankaltimtara Nasabah mudah untuk bertransaksi finansial, aman karena dilengkapi dengan password untuk setiap transaksi, dan tentunya praktis  dapat diakses melalui smartphone melalui jaringan internet dimana saja dan kapan saja.

“Sebagai Perusda milik Pemprov Kaltim, Bankaltimtara bertanggung jawab turut  membangun daerah,  salah satu upaya  adalah mentransformasikan cara bertransaksi masyarakat dengan transaksi digital, mudah, praktis  dan lengkap,” kata Kenda.

Pewarta: Fandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022