Nunukan (ANTARA Kaltim) - Wakil Bupati Nunukan Kalimantan Utara, Hj Asmah Gani mengatakan para pemuda Indonesia dituntut lebih santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari pada masa yang akan datang.

Hj Asmah Gani yang bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85, Senin, mengatakan pemuda yang merupakan aset bangsa seyogyanya memiliki misi dan visi yang jelas dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

"Seiring dengan kemajuan globalisasi, maka dibutuhkan pemuda yang cerdas, santun, inspiratif dan berprestasi menjadi figur pemimpin masa depan," ujar dia.

Menurut dia, pemuda yang santun yaitu memiliki budi pekerti, berakhlaq mulia, menghormati yang lebih tua dan meyayangi yang lebih muda dalam pembangunan bangsa dan negara.

Selain itu, katanya, pemuda yang menjadi generasi pemimpin dituntut lebih inspiratif, unggul dan berdaya saing.

Begitu pula pada aspek berprestasi senantiasa berorientasi pada kejayaan, tidak mudah menyerah, bertanggungjawab dan melakukan hal-hal terbaik bagi dirinya, orang lain dan bangsanya, kata Hj Asmah Gani.

Ia mengemukakan, untuk mewujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi harus memiliki komitmen membangun bangsanya sebagai manisfestasi semangat Sumpah Pemuda.

Melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda, dia berharap agar bangsa Indonesia merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat dari nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan oleh pemuda dari berbagai suku, agama dan latar belakang kepemudaan tersebut.

"Mudah-mudahan melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini kita semua dapat memetik hikmahnya demi kejayaan pembangunan bangsa dan negara kita," ucap dia. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013