Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Paser  meluncurkan  layanan digital  aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Usul  ASN Pensiun atau SI-PESULAP.

"Aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan layanan administrasi yang cepat, efektif dan efisien bagi ASN yang akan pensiun," kata Kepala Bidang  Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM  Kabupaten Paser, Chandra Wisata, di Tanah Grogot, Selasa.

Chandra mengatakan, biasanya menjelang pensiun, seorang aparatur sipil negara (ASN) selalu disibukkan dengan mengurus administrasi pensiun yang kadang merepotkan.

"Repot dari segi waktu hingga biaya yang harus dikeluarkan, misalnya  untuk mengurus Taspen ke luar daerah," kata dia.

Namun dengan adanya aplikasi SI-PESULAP ini, ASN yang mau mengurus pensiun tidak perlu bolak balik datang ke kantor BKPSDM  maupun kantor  Taspen.

Menurutnya, selama ini mengurus administrasi secara manual dirasakan tidak efektif dan efisien. Dia mencontohkan bagaimana repotnya seseorang yang akan mengusulkan pensiun datang ke BKPSDM  sambil membawa berkas.

Lanjutnya, ya kalau  lengkap dokumennya, kalau tidak, ia harus kembali ke rumah mencari berkas yang kurang,  dari segi waktu itu tidak efisien,lalu bagaimana kalau tinggal di kecamatan, perlu biaya transportasi lagi untuk bolak-balik.

Chandra menjelaskan, melalui aplikasi layanan digital SI PESULAP yang bisa diakses melalui smartphone, permasalahan yang dihadapi ASN yang akan memasuki pensiun bisa teratasi.

"Misal berkas kurang, nanti ada notifikasi atau pemberitahuan berkas apa yang kurang dari verifikator  dari BKPSDM, " jelas Chandra.

Melalui SI - PESULAP ini, katanya, ada jaminan kepastian selesai tepat waktu, seperti terbitnya SK Pensiun. Sampai dengan Desember 2022 tercatat 169 ASN yang pensiun.

Kemudian ASN juga tidak perlu lagi mengurus administrasi Taspen ke luar daerah, karena  sistemnya sudah terintegrasi antara BKN dengan Taspen .

Chandra mengungkapkan, aplikasi layanan digital SI PESULAP merupakan  proyek aksi perubahan peserta Diklatpim administrator angkatan VI  PPSDM  Kemendagri Regional Makassar Tahun 2022.

"Secara resmi aplikasi SI-PESULAP  ini rencananya akan dilaunching bersama aplikasi lain oleh Bupati Paser dr. Fahmi Fadli pada 24 November," tuturnya.

Chandra  menambahkan, untuk menggunakan layanan digital SI- PESULAP pengguna terlebih dahulu membuka website  simpadu.paserkab.go.id setelah terbuka maka pilih layanan SI PESULAP, lalu mengisi data-data.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022