Wakil Bupati (Wabup) Paser Syarifah Masitah Assegaf  melepas  kontingen atlet yang akan berlaga  di Pekan Olahraga Pelajar Daerah ( Popda) XVI Provinsi Kalimantan Timur  tahun 2022 yang berlangsung 22 - 28 Oktober 2022 di Bumi Daya Taka.

"Popda ke XVI  ini menjadi  momentum  bagi kontingen tuan rumah untuk mengukur kemampuan para atlet pelajar dalam cabang olahraga yang dilombakan," kata Masitah di Tanah Grogot, Senin (17/10/2022).

Dia menyebutkan, Popda bukan hanya sekedar ajang untuk mengejar prestasi semata tetapi ia berharap melalui kegiatan tersebut bagaimana para atlet belajar mengevaluasi diri dan kemampuan.

Selaku tuan rumah, Masitah meminta Kontingen Paser agar menjaga nama baik daerah dan menjunjung tinggi sportivitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser, Muksin menyebutkan kontingen Kabupaten Paser ada 380 orang, terdiri  dari 291 atlet, 41 pelatih, 28 official, dan 20 Manager.

Menurutnya pada Popda ke XVI  tahun 2022, ada 20 cabang olahraga yang dipertandingkan. Meski secara resmi Popda dibuka pada 22 Oktober, namun beberapa pertandingan telah digelar sebelum pembukaan. Adapun cabang olahraga yang sudah dipertandingkan diantaranya gulat.  

"Atlet tuan rumah yang berprestasi meraih medali di Popda ke- XVI akan mendapatkan penghargaan berupa bonus dari Pemerintah Kabupaten Paser," katanya.

Lanjutnya, penghargaan diberikan kepada para atlet yang berprestasi mendapatkan medali  dan diserahkan pada bulan Februari mendatang.

Dia berharap melalui Popda ke XVI  akan melahirkan generasi berprestasi dan berdaya saing pasca pandemi COVID-19.

"Setelah 2 tahun pandemi, kita harus bangkit meraih medali emas melalui generasi emas, baik berlaga di tingkat daerah dan nasional," kata Muksin.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022