Saat menghadiri Gebyar Pajak 2022 yang dilaksanakan di ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim pada, Senin (10/10), Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono mengapresiasi gelaran acara yang digelar oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim dalam upaya menyadarkan masyarakat dalam membayar pajak.

Apresiasi  diberikan antara lain karena dalamnya acara Gebyar Pajak tersebut dilakukan pengundian pemenang bagi taat pajak kendaraan bermotor, kemudian ada pemberian penghargaan bagi Bhabinkamtibmas, dan dilakukan Sosialisasi Diskon Pajak Kendaraan Bermotor.

“Acara ini tentu untuk menyebarluaskan informasi mengenai beberapa hal, pertama adalah bahwa membayar pajak itu mudah, ada penghargaan, ada kelonggaran, dan lainnya sehingga hal ini menjadi daya tarik masyarakat untuk mengetahui apa fungsi pajak sehingga mereka sadar membayar pajak,” kata Listiyono.

Tiyo, sapaan akrabnya melanjutkan, banyak hal yang bisa diupayakan bersama oleh Bapenda dan pihak lain untuk meningkatkan pendapatan pajak, termasuk melalui gelaran acara ini sehingga dari sini diharapkan ada tambahan pendapat dari pajak dalam tubuh APBD Kaltim.

Ia berharap Bapenda Kaltim terus melanjutkan program keringanan pembayaran pajak ini sampai akhir 2022 agar para wajib pajak taat pajak, sehingga pihaknya dapat melakukan dukungan karena untuk penyadaran terhadap wajib pajak diperlukan kerja bersama, termasuk DPRD Kaltim.

Tiyo juga mengatakan adanya terobosan yang telah ia diskusikan bersama Kepala Bapenda Kaltim Ismiati, yaitu STNK Papperless, tapi hal ini berkaitan dengan pihak lain yaitu Polri, apakah dibolehkan wajib pajak print out sendiri, namun tetap ada biaya yang dikeluarkan.

“Selama ini menunggu dari Samsat untuk surat aslinya. Setidaknya terobosan yang sudah dijalankan hingga hari ini merupakan kemajuan luar biasa. Apalagi ada program bebas pajak untuk Ojek Online (Ojol) untuk kendaraan bermotor, ini tentu meringankan bagi mereka,” ucap dia. (Ghofar/Adv/ DPRDKaltim)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022