Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda kembali menyelenggarakan Festival Mahakam 2013 yang dirangkai dengan sejumlah kegiatan seni dan budaya di antaranya Pawai Budaya Nusantara dan Parade Hudog.

"Salah satu kegiatan untuk memeriahkan Festival Mahakam 2013 adalah menggelar pawai budaya nusantara dan parade Hudoq se-Kaltim, pada 3 Nopember 2013 serta lomba drum band," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda HM Faisal, Minggu (6/10).

Ia mengatakan kegiatan itu selain memeriahkan Festival Mahakam juga  sebagai bentuk melestarikan seni budaya bangsa, yang ada di Kaltim. Hudoq adalah  adalah tarian suku Dayak pedalaman Kaltim mengenakan berbagai pakaian dari daun pisang dan pandan.

Sementara pada bagian kepala yang terlihat menyerupai binatang dibuat dari kayu dengan berbagai aksesoris di antaranya, manik-manik, gigi babi dan buku Brung Enggang.

Menurutnya, Parade Hudoq pada 2013 juga diikuti sejumlah daerah yang ada di Kaltim bahkan ada juga i dari Kalimantan Barat yang menyatakan siap hadir untuk memeriahkan rangkaian acara Festival Mahakam . Pada tahun sebelumnya ada sekitar seribuan Hudoq memeriahkan Festival Mahakam.

Faisal menjelaskan rangkaian Festival Mahakam juga dimeriahkan lomba tari kreasi daerah, masing-masing dengan kategori Lomba tari Pedalaman dan lomba tari pesisir, digelar pada tanggal 1-2 November 2013 di kawasan, Islamic Center Jalan Anggi Samarinda.

"Bagi pemenang lomba tari daerah diberikan hadiah, piala, piagam dan uang pembinaan serta akan menjadi wakil Samarinda pada Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam 2013 tingkat Propinsi Kaltim," katanya. (*)

Pewarta: rahmad

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013